PENTINGNYA CRM DALAM USAHA RETAIL

image

Hubungan yang baik antara retailer dengan pelanggan adalah hal yang harus dijaga, hubungan baik ini merupakan kunci untuk mendatangkan mereka kembali kepada anda. Namun bagaimana cara menarik kembali perhatian dari pelanggan? Bagaimana cara untuk mendapatkan loyalitas pelanggan? Banyak langkah yang dapat ditempuh untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, salah satu yang dapat membantu adalah melalui Customer Relationship Management.

Customer Relationship Management (CRM) dalam usaha retail bukan merupakan konsep yang baru. Akan tetapi CRM salah satu cara yang dapat membantu retailer untuk menang dalam pertarungan penjualan dalam masa yang sangat kompetitif seperti saat ini. Sebagian pelaku bisnis memiliki sebuah tool untuk menangani CRM system pada lingkungan kerja mereka.

Berikut beberapa alasan mengapa CRM system penting untuk usaha anda :

  1. Sebuah CRM Sistem memiliki history dan analisis dari semua yang dibutuhkan dan tidak dibutuhkan pelanggan. Hal ini membantu dalam melihat apa yang dibutuhkan pelanggan dengan efektif serta meningkatkan peluang bisnis.

  2. CRM berisi informasi detail dari pelanggan, hal ini akan memudahkan untuk melacak pelanggan mana yang menguntungkan dan pelanggan mana yang tidak. Informasi akan berguna dalam mengenal pelanggan seperti apa yang anda miliki.

  3. Dengan adanya CRM Sistem retailer dapat memiliki data yang akurat mengenai pelanggan. Keakuratan data pelanggan merupakan hal yang sangat penting. Dengan data tersebut retailer dapat lebih fokus pada pelanggan setia anda

  4. CRM system yang baik akan mampu membangun kesetiaan pelanggan. Tujuan dari sebuah CRM system adalah untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Semakin loyal pelanggan terhadap anda maka akan sangat menguntungkan bagi anda dan bisnis yang anda jalankan.

  5. Jika pelanggan anda merasa puas maka mereka akan selalu nyaman dan akan mengingat terhadap bisnis anda. Mendapatkan pelanggan yang loyal sangatlah sulit, maka penting sekali untuk dipertahankan dengan tetap membuat mereka puas dengan pelayanan yang diberikan kepada pelanggan anda.

  6. Aspek terkuat dari CRM system adalah system ini sangat murah. Teknologi yang diimplementasikan pada CRM system sangat murah dan dapat dibandingkan dengan cara kerja manual pada sebuah bisnis.

Saat ini dalam menjalankan bisnis para retailer tidak cuma harus berfikir keras namun dituntut juga harus mampu berfikir dengan pintar tentang bagaimana cara mendapatkan pelanggan.

Setelah mendapatkan pelanggan maka yang harus difikirkan selanjutnya yaitu bagaimana cara mempertahankan pelanggan anda. Mengingat cukup banyak saingan dalam bisnis anda.

Terdapat beberapa langkah lain untuk meningkatkan customer relationship salah satunya dengan tetap menjaga komunikasi dengan pelanggan setia anda. Jika dianggap perlu anda dapat meminta pelanggan anda untuk menuliskan kesan mereka terhadap pelayanan anda. Dapat saja selama ini pelanggan anda merasa kurang puasa akan pelayanan yang anda berikan. Setelah mengetahui berbagai kesan pelanggan terhadap bisnis anda jadikan hal tersebut sebagai bahan untuk memperbaiki pelayanan anda. Kepuasan pelanggan akan memberi dampak sangat besar untuk kelangsungan hidup bisnis anda. Ciptakanlah hubungan yang baik dengan pelanggan anda, berilah perhatian lebih kepada pelanggan anda. Jika pelanggan anda ulang tahun jangan segan-segan untuk mengirimkan kartu ucapan selamat untuk mereka, untuk membuat mereka merasa bahagia.

Jika anda merasa pelanggan anda sudah jarang berkunjung, maka kirimkan berita terbaru dan produk yang tersedia. Buatlah kesan bahwa anda sangat merindukan mereka.

turboly.com