MENGAPA KEPUASAN COSTUMER PENTING?

image

Membangun sebuah bisnis retail bukan hal yang mudah, banyak hal yang harus diperhatikan mulai dari lokasi store, jenis produk yang akan dijual selanjutnya ialah memikirkan sistem marketing seperti apa yang dijalankan agar mampu menarik perhatian costumer. Menarik perhatian costumer tidaklah mudah karena permintaan costumer begitu beragam. Namun bisnis retail manapun sangatlah bergantung kepada costumer, semakin banyak costumer yang anda miiki maka dapat dikatakan bahwa bisnis anda berjalan dengan baik.

Namun jangan terlampau senang setelah mendapatkan banyak costumer, karena tugas anda belum selesai, hal selanjutnya yang harus anda fikirkan ialah bagaimana mempertahankan costumer untuk tetap berbelanja dengan anda, salah satu cara untuk menarik kembali costumer dengan memberikan pelayanan yang baik untuk costumer. Tempatkan diri anda sebagai costumer, jika store yang anda kunjungi tidak memiliki pelayanan yang baik apakah anda akan kembali ke store tersebut? Tentu tidak bukan ? Karena costumer manapun akan mencari store yang dapat membuat mereka merasa senang saat berbelanja.

Berikut alasan mengapa kepuasan pelanggan penting untuk bisnis anda :

1. Menarik Kembali Costumer

Mendapatkan costumer merupakan hal yang sulit, namun yang lebih sulit lagi ialah mempertahankan costumer. Dengan memberikan pelayanan yang baik anda akan mampu menarik kembali costumer anda, saat mereka merasa nyaman berbelanja dengan anda, maka tidak terlintas di pikiran mereka untuk berbelanja ditempat lain.

2. Yang Membedakan Bisnis Anda dengan Lainnya

Setiap bisnis pastinya bersaing untuk mendapatkan costumer, kepuasan costumer dilihat sebagai elemen utama, bisnis retail yang sukses ialah yang mampu memberikan kepuasan terhadap pelanggan dan retailer menjadikan kepuasan pelanggan sebagai salah satu point strategi pemasaran mereka.

Pengalaman costumer yang berbelanja dengan anda mampu memberikan pengaruh untuk costumer baru, costumer baru cenderung melihat pengalaman berbelanja costumer sebelumnya sebagai bahan pertimbangan mereka. Jadikan pelayanan yang anda berikan kepada costumer anda sebagai hal yang membedakan bisnis anda dengan bisnis lainnya, pengalaman berbelanja yang tidak mereka dapatkan ditempat lain.

3. Mencegah Costumer Beralih ke Pesaing Anda

Beberapa survey menemukan hal yang membuat costumer berpindah ke pesaing anda ialah karena pertama karena harga, kedua karena pelayanan yang buruk. Pelayanan yang baik akan mencegah pelanggan anda melirik ke pesaing anda.

4. Mencegah Penilaian Negatif

Pelayanan yang anda berikan akan dinilai oleh pelanggan anda dan bukan tidak mungkin akan ceritakan kepada orang lain, maka pelayanan baik yang anda berikan kepada pelanggan anda mampu mengurangi penilaian atau perkataan negatif dari pelanggan, yang dibicarakan dibelakang anda adalah hanya mengenai pelayanan anda yang baik kepada mereka.

5. Menarik Pelanggan Baru

Dengan memberikan pelayanan yang baik anda dapat mengurangi biaya promosi bisnis anda mengapa? Karena pelanggan setia anda tidak akan segan-segan untuk merekomendasikan bisnis anda keteman-temannya yang lain. Pengalaman berbelanja mereka akan diceritakan keorang yang mereka kenal, dan ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi bisnis anda. Pelanggan baru berdatangan tanpa usaha promosi yang berlebihan dari bisnis anda.

6. Sebagai Nilai Ukur Seberapa Senang Pelanggan Anda

Kepuasan pelanggan dapat anda jadikan sebagai bahan review seberapa besar kesenangan mereka berbelanja di toko anda, dengan begitu anda akan mengetahui pada bagian mana pelayanannya harus anda tingkatkan lagi. Teruslah meningkatkan pelayanan terhadap pelanggan anda agar perkembangan bisnis anda menjadi semakin baik lagi.

Dalam bisnis retail bukan hanya produk yang anda jual yang harus anda perhatikan, namun juga pelayanan yang anda berikan kepada pelanggan, karena tanpa pelaggan maka produk anda tidak akan pernah beranjak dari etalase toko anda.

turboly.com