TINGKATKAN PENJUALAN DENGAN MEMANFAATKAN EMAIL RECEIPTS

image

Sebagai pelaku bisnis sangat ditekankan untuk menjaga komunikasi dengan costumers anda, jika anda menjalankan sebuah physicall store cara berkomunikasi dengan costumer terasa mudah karena anda dapat bertatap muka langsung dengan costumers anda.

Berbeda dengan bisnis ecommerce yang tidak dapat langsung bertatap muka dengan setiap costumer, namun pelaku bisnis ecommerce dapat memanfaatkan email constumer untuk tetap terhubung dengan mereka. Informasi email costumer sangat penting bagi pelaku bisnis ecommerce, contoh setiap costumer anda melakukan pembelian secara online, mereka akan menerima email receipts.

Email receipts memiliki potensi yang tinggi dalam meningkatkan penjualan produk anda, email receipt dapat anda manfaatkan untuk beberapa hal dibawah ini :

1. Menggunakan Email Receipt sebagai Upsell Produk yang Berkaitan

Email receipt dapat anda manfaatkan untuk meningkatkan penjualan anda, melalui email receipt yang anda kirimkan ke costumer anda dapat menggabungkan upsell produk untuk melihat apakah ada penambahan pesanan.

Beberapa cara yang dapat anda gunakan seperti :

  • Menambahkan pilihan untuk pembelian berlangganan

  • Mengkaitan dengan produk yang selaras

  • Atau menawarkan pilihan pembelian produk yang sedang promo misalnya.

2. Menawarkan kode diskon

Selain menyarankan produk yang selaras kepada costumer, email receipts dapat anda manfaakan untuk menawakan kode diskon. Sematkan kode diskon dalam email receipts tersebut, hal ini dapat membuat costumer kembali untuk berbelanja. Setidaknya untuk memanfaatkan kode diskon yang anda berikan. Meskipun diskon yang anda berikan tidak besar, namun para costumer cenderung tertarik dengan diskon tersebut, dan tidak akan menyia-nyiakan kesempatan, namun ada baiknya diskon yang anda berikan memiliki batas waktu tertentu.

3. Sebagai ajang promosi akun social media

Agar bisnis anda semakin dikenal maka anda harus giat melakukan promosi, masa sekarang ini promosi brand sering dilakukan melalui social media, mengingat pengguna social media terus meningkat. Akun social media dapat dijadikan sebagai tempat dimana costumer tetap dapat mendapatkan informasi mengenai produk anda, atau anda jadikan sebagai tempat jika costumer ingin mendapatkan penawaran khusus dari anda yang mengharuskan merekan untuk mengikuti social media anda. Maka jangan lupa untuk menyertakan link akun social media pada email receipts, lebih baik lagi jika anda memiliki beberapa akun social media.

4. Mendapatkan feedback melalui email receipt

Ajaklah costumer anda berkomunikasi dengan meminta feedback mereka mengenai bisnis anda, mintalah pendapat dari costumer anda mengenai bisnis anda, ajukan beberapa pertanyaan seperti :

a. Bagaimana pendapat costumer mengenai proses pembeliannya?

b. Apakah costumer merasa kesulitan dengan proses pembelian?

c. Apakah harga yang ditawarkan terjangkau?

Pendapat yang diberikan oleh costumer akan sangat bermanfaat untuk bisnis anda kedepannya, perhatikanlah sudut pandang costumer, bisnis anda tak akan mampu berkembang dengan baik tanpa adanya costumer.

5. Dorong costumer berbagi pembelian mereka

Beberapa penelitian menyebutkan kegiatan berbelanja membuat perasaan menjadi lebih baik, maka doronglah mereka yang berbelanja untuk berbagi pembelian mereka di akun social media, postingan yang mereka bagi diperkirakan dapat menarik teman-temannya untuk ikut melakukan pembelian.

Masih bingung menggunakan strategi apa untuk meningkatkan penjualan produk? Sebenarnya banyak cara dapat anda lakukan untuk meningkatkan penjualan seperti salah satunya dengan memanfaatkan fitur email receipt.

Cobalah untuk mempraktekkan pada bisnis ecommerce anda, dan lihatlah pertambahan pesanan yang berasal dari email receipt.

turboly.com