6 TIPS MENGHADAPI KOMPLAIN PELANGGAN

image

Dalam beberapa situasi, semua pelaku bisnis harus menghadapi beberapa kekecewaan dari pelanggan/ disinilah letak tantangan sebenarnya, bagaimana menghadapi situasi agar para konsumen mengubah pola fikir mereka dan mulai menganggap bahwa anda menjalankan bisnis dengan baik. Jika anda beruntung, disini anda mendapat pelanggan yang benar-benar setia, bahkan mereka akan menyarankan menggunakan produk anda kepada temannya.

Sebagian pelanggan lainnya tidak mengajukan komplain, mereka dengan mudah langsung berpindah ke competitor anda, dan banyak sekali pelanggan yang seperti ini.

Disini terlihat dengan jelas bahwa kepuasan dari pelanggan tidak cukup untuk membesarkan bisnis anda. Karena bisnis sekarang ini membutuhkan langkah positif untuk mengembirakan pelanggan jika mereka benar-benar ingin loyalitas dari pelanggan.

Untuk menghadapi begitu banyak ketidakpuasan dari pelanggan, sebagai pelaku bisnis anda harus mempunyai kemampuan dalam menghadapi komplain pelanggan.

####Berikut beberapa tips yang dapat anda praktekkan untuk menghadapi komplain dari pelanggan :#####

1. Dengarkan dengan Baik

Tempatkan posisi anda sebagai pendengar yang baik, dengarkan semua keluhan pelanggan anda, beri waktu mereka untuk mengutarakannya hingga selesai. Jangan berfikir untuk menyerang balik pelanggan anda, kerena sesunggunya dia tidak menyerang anda secara personal. Kerena situasinya disini adalah pelanggan anda memiliki permasalahan dan lagi pelanggan anda merasa kecewa. Berikan feed back positive ke pelanggan anda agar dia tahu bahwa permasalahannya didengar.

2. Ajukan Pertanyaan dengan Sopan

Untuk mendapatkan informasi lebih banyak dari pelanggan anda, anda boleh mengajukan pertanyaan agar anda lebih mengerti perspektif pelanggan anda. Kerena dengan bertanya akan lebih mudah untuk menemukan solusi.

3. Tempat Diri Anda diposisi Mereka Pelanggan

Selaku pelaku usaha bisnis, tujuan anda ialah menyelesaikan masalah, tanpa berdebat. Sebagai pelanggan mereka ingin anda dapat ikut merasakan permasalahan mereka dan menunjukkan rasa empati anda dengan situasinya.

4. Memohon Maaf

Saat pelanggan merasa anda memohon maaf dengan sungguh-sunggu, biasanya ini akan lebih menetralkan situasi. Jangan berkilah dengan menyalahkan pihak lain. Yang perlu anda lakukan hanya meminta maaf, tunjukkan bahwa anda benar-benar menyesal atas ketidakpuasan yang mereka alami.

5.Tanyakan Solusinya pada Pelanggan

Meski mereka tahu atau tidak apa solusi yang terbaik atas permasalahannya namun tidak ada salahnya untuk menanyakan solusi atas ketidakpuasan pelanggan tersebut, jika anda melakukan demikian akan mengurangi sedikit rasa kekecewaan mereka. Jadikan pelanggan anda sebagai partner dalam menyelesaikan masalah.

6. Selesaikan Masalah

Begitu anda mendapat komplain dari pelanggan segera selesaikan masalah tersebut. Jika anda tidak mampu menyelesaikannya temukan orang yang dapat menyelesaikannya. Jangan tunda pekerjaan ini lakukan dengan segera agar pelanggan anda tidak semakin kecewa.

Tidak ada pelanggan yang memberikan komplain tanpa terlebih dahulu memperhatikan bisnis anda, komplain yang mereka berikan dapat anda anggap sebagai kepedulian mereka terhadap anda. Teruslah mendengar segala komplain dari pelanggan anda, dengan anda tunjukkan kepedulian terhadap komplain pelanggan disaat itulah mereka ikut merasakan bahwa anda menghargai keberadaan mereka sebagai pelanggan setia anda. Dan ingatlah bisnis anda tidak akan menjadi apa-apa tanpa pelanggan anda.

Semoga dengan beberapa tips diatas dapat membantu anda menyelesaikan permasalahan atas kekecewaan pelanggan terhadap bisnis anda, saat anda berhasil melewati tantangan ini maka anda telah siap untuk tantangan selanjutnya. Semakin bisnis anda tumbuh berkembang maka akan semakin banyak tantangan lain yang sudah menunggu.