5 TIPS MENETUKAN HARGA JUAL PRODUK

image

Semua orang pelaku bisnis pasti mengharapkan kesuksesan dari bisnis yang dijalani, membuat sebuah bisnis sukses tentu bukanlah hal yang gampang. Para pakar mengatakan bahwa salah satu rahasia sukses sebuah bisnis / usaha ialah penentuan harga jual dengan baik.

Mematok harga yang terlalu tinggi akan membuat pelanggan anda lari kocar-kacir, memasang harga terlalu rendah membuat keuntungan anda melayang atau yang lebih buruk lagi costumer dapat saja berfikir produk anda bukanlah produk berkualitas karena nilainya jualnya rendah.

Berikut beberapa hal yang harus dipahami dalam menentuka harga jual sebuah produk :

1. Membuat Strategy Pricing

Terdapat banyak strategi dalam menentukan harga jual suatu produk, beberapa diantaranya seperti :

  • Premium pricing, harga tinggi untuk kualitas tinggi
  • Value pricing, mengetahui harga yang mampu dibayar oleh pelanggan.
  • Psychological pricing, seperti permainan angka, agar pelanggan terpengaru, contoh menjual dengan harga 29.000 ketimbang 30.000.

Setelah menentukan strategi pring yang cocok dengan bisnis anda, maka teruslah menyimak beberapa hal lain di bawah ini dalam menentukan harga jual produk :

2. Kenali Pelanggan Anda

Seperti yang telah dikatakan diawal, harga yang terlalu tinggi membuat anda kehilangan pelanggan, sedangkan harga terlalu rendah membuat pelanggan ragu akan kualitas produk anda.

Nah oleh karena itu anda harus mengenali pelanggan anda dengan baik, terutama berapa besaran yang mampu dibayar oleh pelanggan anda dan harga tersebut masuk akal bagi mereka.

3. Katahui Besaran Biaya yang Telah Anda Keluarkan

Ini merupakan faktor yang penting, kesalahan dalam penentuan biaya yang telah anda keluarkan akan membuat penentuan harga jual menjadi salah juga.

Biaya yang harus dihitung bukan hanya harga pokok produk tersebut, namun termasuk biaya transportasi atau pengiriman hingga packing.

Setelah total besaran biaya tersebut dihitung dengan jelas, anda bisa memperkirakan per produk menghabiskan berapa banyak dengan begitu akan lebih gampang menentukan harga jual per produk.

4. Ketahui Revenue Target Anda

Berhubungan juga dengan biaya diatas, selanjutnya anda juga harus mengetahui berapa besar revenue target untuk melihat berapa banyak bisnis anda mendapatkan keuntungan.

Berapa banyak yang harus anda jual untuk mencapai target tersebut, serta berapa harga per produk. Harga per produk dapat ditentukan dengan membagi besaran nilai revenue target dengan jumlah seluruh produk untuk mendapatkan harga per produk, sehingga jika produk tersebut terjual semua revenue target tercapai dengan maksimal.

5. Kenali Saingan Anda

Tidak cukup dengan mengenal pelanggan anda, perlu bagi pelaku bisnis untuk mengetahui siapa saingan mereka.

Kenali disini bukan secara personal, namun kenali strategi jual yang mereka gunakan. Harga produk yang mereka patok dapat menjadi acuan lain anda dalam menentukan harga jual produk.

Menjual dengan harga sama dinilai berbahaya, menjual dengan harga di bawah tidak terlalu baik pula. Jual dengan harga optimum yang tidak terlalu berbeda dari kompetitor anda.

Mintalah bantuan pihak tertentu untuk mendapatkan infomasi seputar strategi bisnis kompetitor anda dengan pura-pura berbelanja misalnya.

Sebuah harga jual produk jarang bertahan pada angka yang sama untuk terlalu lama, costumer dan kompetitor anda akan berubah seiiring jalan waktu, maka anda perlu untuk menukar harga jual produk anda untuk mempertahankan keberadaannya dipasaran.

Ketahui dengan jelas perubahan yang terjadi, berbincanglah dengan pelanggan anda secara teratur untuk memastikan harga produk anda cocok dengan mereka.

turboly.com