MENGAJAK COSTUMER UNTUK MEMBERIKAN REVIEW

image

Review atau tanggapan costumer tentang pelayanan yang anda berikan aspek yang begitu penting untuk meningkatkat penjualan anda. Review tersebut dapat menjadi acuan para costumer baru dalam menilai pelayanan yang anda berikan, terutama review online.

Calon pembeli cenderung membaca sejumlah ulasan yang diberikan oleh pelanggan sebelumnya sebelum memutuskan untuk membeli produk anda, jika review yang diberikan bersifat positif maka mereka akan lebih yakin dengan produk anda, namun jika review yang diberikan bertolak belakang maka calon pembeli juga akan mempertimbangkan untuk membeli.

Sejumlah costumer tidak berfikir bahwa anda membutuhkan review dari mereka, sehingga hal ini sering dilupakan. Tugas anda disini ialah mengingatkan mereka untuk memberikan review tentang penjualan anda

Berikut beberapa strategi agar mendapatkan review dari constumer atas penjualan anda :

1. Untuk Mendapatkan Review Dari Konsumen, Maka “Make It Possible”.

Mendapatkan review dari konsumen merupakan hal yang sangat penting, untuk mendapatkannya anda harus menjadikannya mungkin bagi konsumen untuk meninggalkan review mereka. Artinya fitur untuk meminta review dari konsumen harus terlihat mencolok agar konsumen meninggalkan review mereka.

2. Jangan Sungkan Untuk Menyanyakannya

Ketahuilah untuk meminta review dari konsumen bukanlah hal yang sulit, jadi lakukan saja. Anda perlu untuk mengingatkan konsumen untuk meniggalkan review mereka seseing mungkin. Cara yang paling tepat ialah dengan mengirimkan email setelah mereka menerima orderan mereka. Setelah orderan sampai, kirimkan email khusus untuk meminta review atas service dan produk yang mereka rasakan.

3. Buat Semudah Mungkin

Cara yang paling penting dalam mengajak constumer untuk meninggalkan review mereka dengan membuat mereka mudah untuk menulisnya. Jangan dibuat ribet dengan mereka harus login terlebih dahulu, halaman review haruslah simple dan ringan. Akan lebih baik jika mereka bisa langsung menuliskannya via mobile, sehingga akses untuk halaman tersebut akan lebih mudah untuk cosumer anda.

4. Tanyakan Pada Waktu Yang Tepat

Saat mengirimkan email sebagai permintaan untuk review maka anda haruslah memilih waktu yang tepat saat mengirimkannya. Jangan kirimkan email pada jam sibuk, tapi kirimkan email pada waktu senggang mereka, misalnya pada sore hari.

5. Ambil Keuntungan Rari Review Negatif

Tidak ada perusahaan yang ingin diberikan review negatif, apalagi jika review tersebut diposting secara online. Namun sebenarnya ada sebuah keuntungan yang anda dapatkan dengan adanya review negatif tersebut. Review negatif yang anda terima dapat menjadi sebuah bukti bahwa review tersebut murni bukan rekayasa. Sehingga hal ini dapat membantu anda untuk membangun kepercayaan konsumen atas bisnis anda.

6. Jangan Lupa Untuk Memberikan Respon Atas Review Yang Diberikan

Setelah anda mendapatkan review dari costumer bukan berarti urusan anda sudah selesai, belum. Disini anda harus menunjukkan kepedulian anda atas pendapat yang mereka berikan dengan membalas review yang mereka berikan. Baik review yang diberikan positif atau negatif, wajib bagi anda untuk merespon kembali. Terlebih jika review tersebut negatif, berikan respon secara personal untuk review negatif tersebut. Karena revew negatif yang diberikan merupakan bentuk kekecewaan mereka terhadap pelayanan dan produk anda, sehingga anda membutuhkan cara khusus untuk menangani review seperti ini.

Kesimpulan

Mendapatkan review dari konsumen bukalah hal yang sulit, jika anda mengetahui strateginya maka untuk mendapatkan feedback dari costumer sangatlah mudah. Yang perlu anda ingat yaitu jangan pernah sungkan dan bosan untuk menanyakan pendapat costumer anda, karena pendapat mereka berperan penting untuk meningkatkan penjualan anda.

turboly.com