KEUNTUNGAN SOFTWARE AS A SERVICE UNTUK UMKM

image

Apa itu SaaS atau Software As A service? Untuk mudah dipahami SaaS merupakan suatu bentuk pelayanan dengan memanfaatkan sejumlah software, baik secara offline maupun online.

Serangkaian bentuk pelayanan dalam bisnis anda dapat dilakukan melalui software tertentu, namun apakah software as a service dapat diterapkan untuk usaha kecil dan menengah?

SaaS bukan hanya diperuntukkan untuk perusahaan skala besar, usaha kecil dan menengah juga dapat menerapkan sistem ini. Dan tanpa disadari sebenarnya sudah banyak pelaku bisnis yang menerapkan SaaS untuk bisnis mereka melalui facebook, Email, Instagram.

Para pelaku bisnis skala kecil acap kali merintis bisnis mereka dengan memanfaatkan situs-situs media social, terbatasnya modal yang mereka miliki membuat mereka harus pintar-pintar dalam memulai bisnis.

Salah satu wujud pemanfaatan software as a service ialah dengan jumlah retail store yang terus bertambah.

Penggunaan Software as a service mampu memberikan banyak keuntungan bagi suatu bisnis, beberapa keuntungan utama dalam menggunakan SaaS bagi UMKM ialah berikut ini :

1. Akses Secara Real Time

Penggunaan SaaS dalam bisnis memberikan kemudahan bagi para retailer untuk dapat melakukan akses secara real time. Hanya melalui sebuah komputer atau mobile anda dapat mendapatkan hal yang anda inginkan diwaktu itu juga, selain real-time akses juga dapat dilakukan dimana saja tanpa terkendala waktu dan tempat.

2. Mengemat Pengeluaran

Sekecil apapun pengeluaran dalam bisnis harus diperhitungkan dengan teliti, dalam menggunakan sebuah software anda tidak perlu berinvestasi yang besar di awal. Anda hanya akan membayar untuk apa yang anda gunakan, inilah yang dimaksud mampu menghemat pengeluaran.

3. Meningkatkan Efisiensi Kerja

Bekerja dengan memanfaatkan software tentu memiliki sensasi yang berbeda dibanding mengerjakan secara manual. Hal-hal yang awalnya sulit akan jauh lebih mudah dengan bantuan sotware pendukung, hal ini tentunya akan meningkatkan tingkat efisiensi kerja bagi bisnis anda. Selain itu dengan menggunakan sejumlah waktu selesai suatu pekerjaan akan jauh lebih cepat dibanding mengerjakan secara manual

4. Dinamis dan Fleksibel

Memanfaatkan Saas juga membuat bisnis anda lebih dinamis dan fleksible, akan jauh lebih mudah bagi anda menerima berbagai perubahan terbaru, terutama dalam dunia teknologi yang melibatkan bisnis retail.

5. Meningkatkan Skalabilitas

Dengan memanfaatkan komputer dalam penerapan bisnis anda mampu meningkatkan skalabilitas. Anda dengan mudah dapat memilih data yang diperlukan dan tidak, kapasitas media penyimpanan mudah untuk anda kontrol. Hal-hal yang tidak diperlukan dapat dihapus sehingga tidak menghambat kinerja.

Kesimpulan : Berbagai keuntungan diatas tentu tidak dapat anda dapatkan jika tidak menerapkan SaaS, saat ini zaman sudah mulai berubaha, anda sudah harus mulai beradaptasi dengan zaman dimana teknologi sudah mulai menguasai berbagai aspek kehidupan, mulai dari hiburan, pendidikan, dan bisnis.

Penerapan Saas dalam usaha kecil dan menengah dinilai cukup menjanjikan untuk meningkatkan potensi bisnis anda, bisnis dapat berkembang lebih cepat dengan memanfaatkan Saas. Turboly Cloud ERP merupakan salah satu pioner SaaS di Indonesia yang fokus menyediakan solusi ERP berbasis cloud untuk usaha retail dan wholesale.

Baca Juga : 5 Teknologi Ini Bisa Membantu Anda Meningkatkan Penjualan

turboly.com