Customer Success is Our Goal

image

Apa itu customer success?

Dalam industri jasa khususnya jasa layanan software ERP sistem keberhasilan customer dalam usahanya merupakan tujuan utama. Keberhasilan dapat diukur dengan banyak faktor, salah satunya proses bisnis menjadi lebih efektif & efisien ditandai dengan peningkatan kinerja keuangan yang diukur melalui cost efficiency & peningkatan profit. Customer success tidak dapat diabaikan karena kesuksesan customer merupakan kesuksesan kita juga.

Customer yang membayar untuk solusi sistem yang kita tawarkan, mungkin sejenak akan membuat mereka berfikir “haruskah saya membayar untuk ini?” Inilah yang menjadi fokus darimana customer succes itu datang.

Setiap bisnis tentu pelanggannya mengatakan “Ya, saya menginginkan produk ini, produk ini cocok untuk saya”. Maka dari itu sebagai pelaku bisnis pelayanan jasa software ERP, kita harus dapat mendengar dan meminta pendapat dari customer, dengan begitu kita akan mampu memahami apa yang mereka butuhkan.

Proaktif

Perjalanan untuk customer dari yang belum memiliki pengalaman apa-apa sampai memutuskan untuk loyal dengan produk anda tentunya membutuhkan fokus dari seluruh tim. Kerja keras, terus berusaha untuk mendekati customer kapan pun kita bisa. Posisi kita layaknya supporter yang berada disamping garis, memantau dan berusaha menjadi penyemangat, membuat mereka yakin.

Kita harus berusaha bersikap lebih proaktif dengan customer, dari sejak awal kita bertemu dengan customer tersebut. Karena itu dapat memberikan efek jangka panjang untuk bisnis pelayanan jasa yang kita tawarkan.

Trial

Akan sedikit beresiko saat mulai menjadi bagian dari interaksi customer pada tahap awal, karena itu saat dimana customer sedang membangun kesan pertama dari produk atau jasa yang kita berikan. Namun saat seperti inilah yang dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mengenal customer. Hal ini untuk dapat menjadi pondasi yang kuat diawal, jika kita tidak bergerak sejak awal maka bersiaplah saat customer pergi meninggalkan kita. Berikanlah kesempatan kepada customer untuk belajar & mencoba menggunakan produk anda secara baik. Perkenalkan produk atau jasa tersebut kepada customer, setelah itu biarkan mereka yang memutuskan akan menggunakan produk kita atau tidak.

Komunikasi dengan customer

Menciptakan komunikasi dengan customer merupakan hal utama, dari sejumlah komunikasi yang dilakukan kita akan tahu mengapa mereka memilih produk dan jasa yang kita tawarkan. Atau mengapa sebagian dari yang lain hengkang dan meninggalkan kita. Hal-hal seperti tentunya sangat penting untuk terus memperbaiki diri, dan menjadi lebih baik bagi customer di masa depan. Hargai setiap masukan yang diberikan oleh customer, untuk terus meningkatkan customer experience perusahaan kedepannya.

Terus Belajar Memahami customer

Mungkin setelah membaca beberapa poin diatas, mungkin kita baru sadar banyak hal yang mungkin dilewatkan dalam membangun customer success. Jika kita tidak pernah berkomunikasi dengan para customer dan mendengar apa yang mereka butuhkan untuk mencapai tujuan mereka, maka kita tidak akan pernah tau mengapa mereka memilih produk atau jasa yang kami tawarkan dibanding kompetitor kita dan kita tidak pernah tahu apa hal yang menghambat mereka dalam mencapai tujuan mereka, dan kita tidak akan pernah tahu kunci penting untuk membuat mereka terus kembali datang lagi dan lagi untuk menggunakan produk dan jasa yang kita tawarkan.

Teruslah belajar dalam memahami segala kebutuhan customer, apa saja hal yang dapat membuat tujuan mereka tercapai dengan sukses. Sebab kesuksesan dari customer juga merupakan kesuksesan kita. Kebahagian dari customer juga menjadi bagian dari kebahagiaan kita, itulah makna sebenarnya dari customer success.

turboly.com