Jangan Sepelekan Data Customer Anda

image

Pernahkah anda dimintai meninggalkan nomor telepon atau kontak anda saat membeli barang secara offlne. Ketika anda belanja online anda juga dimintai mengisi formulir yang berisi data diri anda. Menurut anda kenapa para pebisnis tersebut mengumpulkan data klien mereka? Ternyata ada banyak keuntungan bagi bisnisman mendapatkan data customer mereka terlebih untuk kepentingan meningkatkan penjualan. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya berikut ini :

Menjaring Loyal Customer

Meningkatkan penjualan memang penting namun jika peningkatan ini hanya sesaat tentu tidak baik bagi kondisi keuangan perusahaan. Untuk itulah adanya data klien mampu membantu anda menjaring klien setia. Mereka yang merupakan loyal customer akan selalu membeli produk anda namun bagi klien biasa yang ingin coba – coba tentu hanya sekali atau dua kali saja membeli produk yang ditawarkan. Loyal customer merupakan wujud kepercayaan konsumen pada produk anda.

Media Promosi Door to Door Terselubung

Data customer bisa juga dijadikan salah satu jalan untuk mempromosikan produk yang anda miliki. Anda juga bisa mempromosikan produk baru melalui pengiriman katalog melalui alamat email. Bisa dibilang berpromosi dengan jalan ini sama halnya melakukan selling dengan sistem door to door. Bukankah dengan cara ini produk anda akan lebih cepat dikenal karena tepat sasaran.

Merekam Customer Backlist

Merekam data pelanggan untuk kepentingan peningkatan penjualan itu memang dibutuhkan namun dari semua klien anda ada juga yang tidak memiliki tujuan baik. Tak jarang ada beberapa klien yang bertujuan untuk menipu atau menjatuhkan bisnis anda. Tentunya anda tak ingin menanggapi pelanggan jenis ini, bukan?. Untuk itulah gunanya data pelanggan juga dibutuhkan untuk merekam customer blacklist.

Menjalin Komunikasi Dengan Pelanggan

Data pelanggan juga bisa digunakan untuk media berkomunikasi dengan customer guna meningkatkan reputasi produk anda. Anda bisa dengan cepat melayani keluhan atau pertanyaan dari customer. Memberikan layanan maksimal dan cepat tentu akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Untuk menjalin komunikasi bisa juga dengan mengucapkan salam di hari special seperti ulang tahun ataupun perayaan keagamaan. Pada hari special tersebut anda bisa memberikan diskon menarik untuk menarik minat pelanggan.

Melakukan Survey dan Data Tamu

Data pelanggan anda juga bisa digunakan untuk melakukan survey pasar yang dipakai untuk melihat kelebihan ataupun kekurangan sebuah produk. Selain itu anda juga bisa menghemat biaya tenaga surveyor yang bertugas untuk mengumpulkan responden. Adanya data pelanggan juga mampu membantu anda memprediksi jumlah tamu yang menghadiri event anda. Banyaknya tamu yag datang menunjukkan antusiasme masyarakat akan produk anda.

Menemukan Pangsa Pasar Yang Tepat

Data pelanggan anda juga bisa digunakan untuk menemukan pangsa pasar mana yang tepat untuk produk anda. Data pelanggan biasanya terdiri dari umur, jenis kelamin dan latar belakang pekerjaan sehingga anda bisa melihat dari kalangan mana produk anda lebih dinikmati.

Data pelanggan biasanya juga berisi social media yang digunakan. Hal ini tentu akan menguntungkan bagi anda yang memulai bisnis online. Salah satu contoh perusahaan yang dengan sukses memanfaatkan database pelanggannya ialah Amazon. Bisnis yang didirikan oleh Jeff Bezos ini menggunakan data pelanggan untuk menyesuaikan kebutuhan pelanggan dengan produk mereka. Menurut American Customer Satisfaction Index (ACSI) Amazon dinilai berhasil memberikan kepuasan kepada pelanggan mereka. Amazon bahkan mendapatkan skor diatas rata – rata dibandingkan perusahaan lainnya, bagaimana berminat untuk membangun data customer anda?

turboly.com