POS Sistem Bukan Sekedar Kasir

Point of sales system bukan hanya sekedar alat untuk mencatat transaksi penjualan. Banyak retailer tidak menyadari bahwa dengan POS Sistem retailer bisa meningkatkan penjualan. Terdapat beberapa cara dalam memaksimalkan POS Sistem untuk mendorong pertumbuhan penjualan, antara lain :

Digitalisasi Mendorong Pertumbuhan

Salah satu contoh dari sisi positif dari sistem POS baru baru ini berasal dari salah satu retailer. Sebuah studi Harvard Business Review mencatat suatu pertumbuhan pendapatan mengesankan dari retailer, dimana penjualan meningkat 50 % dalam lima tahun terakhir untuk "persistent digitization ". Usaha untuk mencapai hal tersebut ternyata salah mencakup implementasi POS Sistem, pelatihan “customer service” para sales staff dan aktif di media social.

Para retailer dapat meningkatkan penjualannya dengan memperbaiki SOP melalui penerapan Sistem POS, dengan perbaikan SOP penjualan maka pelayanan transaksi penjualan akan lebih cepat. Kebutuhan pelanggan sangat jelas, produk lengkap dan berkualitas serta pelayanan cepat. Jika hal tersebut dapat dipenuhi, maka sensitifitas pelanggan dengan harga akan berkurang.

Fast Line

Menyediakan POS Sistem yang mobile sales staff untuk melakukan transaksi penjualan jauh dari counter kasir dapat meminimalisir proses pembayaran yang panjang dan lama dan pelanggan tidak perlu antri. Ini juga memberi pelanggan sedikit waktu untuk memikirkan kembali pembelian mereka. Terlebih lagi, interaksi pribadi antara sales staff dan pelanggan bisa berdampak akan hadirnya “upselling” oleh sales staff.

Kecepatan saat transaksi adalah suatu kebutuhan seiring bertambahnya generasi “millennials” dan meningkatnya daya beli pelanggan. Perlu diingat generasi saat ini bertumbuh dalam era digital dan serba cepat. Sehingga mayoritas mengharapkan layanan cepat dan tidak segan pindah ke tempat lain jika mereka tidak mendapatkan pelayanan yang mereka harapkan.

Konversikan Data Menjadi Rupiah

Potensi peningkatan pendapatan dari sistem POS ritel selain memaksimalkan kecepatan transaksi adalah data. Data yang disimpan dan dikumpulkan dalam POS Sistem dapat ditindaklanjuti dan bisa menjadi factor kunci jika dimanfaatkan dengan tepat. Ada 2 cara untuk mengkonversi data ke menjadi Rupiah, pertama program loyality membership dan penerapan manajemen persediaan. Loyality membership bukan hanya semata-mata dari kartu. Implementasikan target marketing dengan tawaran berbagai benefit berdasarkan perilaku spesifik pelanggan. Sebagai contoh, berikan diskon khusus member, berikan ucapan jika sedang berulang tahun beserta voucher sebagai hadiahnya. Hal tersebut akan membuat kesan yang baik bagi pelanggan.

Sistem POS saat ini merevolusi manajemen persediaan dengan memberikan data tentang barag atau layanan apa yang paling laku di jam berapa dan dengan item lainnya. Semakin banyak, data ini masuk secara real-time bagi para owner yang ingin memaksimalkan potensi pendapatan dengan bereaksi cepat terhadap perubahan pelanggan. Sangat mudah untuk melihat bahwa sistem POS bisa lebih dari sekedar cara untuk mencatat transaksi penjualan.

www.turboly.com