Memaksimalkan Sistem POS dan Service Untuk Meningkatkan Penjualan Retail

image

Memberikan pelayanan terbaik adalah hal yang paling penting bagi retailer, Disadari atau tidak hal ini dapat meningkatkan penjualan hingga 50% atau lebih. Memberikan pelayanan terbaik bagi pelanggan adalah cara yang sederhana, namun merupakan strategi yang sangat hebat jika dapat disiplin diterapkan.

Banyak retailer terlalu sibuk dengan “penjualan” dan melupakan hal ini.

Beberapa cara sederhana dan mudah untuk membuat pelanggan kembali lagi dan jika pelanggan merasa dihargai dan nyaman dengan pelayanan diberikan, dijamin mereka akan membeli lebih banyak produk dan akan menjadi pelanggan setia. Berikut caranya :

  1. Membukan pintu bagi pelanggan jika memungkinkan, kelihatan sederhana namun ini trik paling jitu agar pelanggan merasa dihargai.

  2. Selalu sapa pelanggan anda. Ini penting tekankan pada semua staff anda di toko untuk menyapa pelanggan ketika mereka masuk ke toko.

  3. Jika pelanggan anda membawa anak kecil, berikan hadiah kecil agar mereka merasa nyaman.

  4. Bertanyalah nama mereka jika itu pelanggan baru dan selalu gunakan nama mereka untuk menyapa. Jangan lupa selalu update data pelanggan di POS Sistem.

  5. Tawarkan bantuan untuk mencari kebutuhannya, dan berilah saran.

  6. Jika toko sedang ramai dan pelanggan butuh bantuan, beri mereka perkiraan berapa lama mereka harus menunggu. Jangan biarkan pelanggan menunggu tanpa kepastian.

  7. Ketika seorang pelanggan mengatakan “Terima kasih”, katakan “Sama-sama.” Tambahkan “Ini kesenangan saya” setelah Anda mengatakan “Terima kasih kembali”.

  8. Kirimkan ucapan terima kasih pada pelanggan loyal dan setia anda atas pembelian mereka. Gunakan data dari Sistem POS untuk mengetahui history pembelian pelanggan dalam satu periode.

  9. Jika pelanggan membeli banyak barang, tawarkan bantuan untuk membawa barang pelanggan sampai ke kendaraan mereka.

  10. Untuk pelanggan setia, kirimkan ucapan selamat ulang tahun dengan hadiah voucher. Gunakan fitur CRM dari perangkat lunak POS Anda untuk mengidentifikasi dan melacak tanggal lahir pelanggan dengan cepat.

  11. Jangan ragu untuk memberitahu pelanggan mengapa suatu produk tidak tepat untuk mereka, terutama untuk produk kosmetik,dsb. Kejujuran seperti ini pasti akan menciptakan pelanggan setia seumur hidup !!

  12. Ajari pelanggan cara menggunakan produk yang mereka beli.

  13. Buat kebijakan pengembalian Anda semudah mungkin.

  14. Jika pelanggan Anda kehilangan struk pembelian, jika perlu cetak ulang tanda terima untuk mereka di tempat. Cepat dan mudah dengan fitur re-print di Sistem POS.

Pada akhirnya yang paling penting, latih staff toko dan sales untuk melakukan hal-hal kecil yang meningkatkan kepuasan pelanggan. Manfaatkan fitur yang disediakan dalam Sistem POS, niscaya dengan pelayanan yang baik serta didukung oleh Sistem POS yang tepat, penjualan akan meningkat.

turboly.com