Hal Yang Wajib Diajarkan Pada Staff Toko

image

Pelanggan adalah raja, hal ini adalah istilah yang harus ditekankan kepada para staff penjualan. Dalam memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan, ada beberapa hal yang harus diajarkan kepada staff penjualan di toko untuk dapat memberikan pelayanan terbaik kepada para pelanggan. Jadi apa yang harus diajarkan kepada staff penjualan :

1. Keterampilan “Customer Service”

Ini adalah keterampilan dimiliki oleh staff penjualan dan harus diajarkan kepada mereka :

Keramahan - Keramahan sangat penting. Staff penjualan akan perlu tersenyum dan menyapa pelanggan saat mereka datang. Mereka harus menunjukkan sikap positif dan bersemangat sepanjang interaksi dengan pelanggan hal ini akan menimbulkan engalaman yang luar biasa bagi mereka.

Cross-selling & Up-selling – Staff penjualan juga akan menjadi orang terakhir yang berinteraksi dengan pelanggan sebelum penjualan secara resmi terjadi, yang berarti mereka memiliki kesempatan penting untuk mengkonfirmasi pelanggan telah menemukan semua yang mereka butuhkan atau untuk ditambahkan pada penjualan.

Menangani pelanggan yang komplain - Di banyak toko, staff penjualan adalah orang pertama yang akan didatangi oleh pelanggan jika ada sesuatu keluhan/ komplain. Jadi, pastikan staff penjualan anda yakin bahwa mereka sudah siap dengan keterampilan terutama menjadi pendengar yag baik untuk situasi yang “buruk” dan mengubah pelanggan menjadi bahagia.

2. Memahami SOP Toko

Sangat penting bahwa staff penjualan tahu dan memahami kebijakan yeng berlaku di toko- terutama ketika menyangkut penjualan dan pengembalian. Seorang staff penjualan yang tidak tahu kebijakan toko akan menimbulkan kerugian bagi toko ataupun dirinya sendiri akibat banyak uang dalam potongan harga, pengembalian yang tidak sesuai, atau jam kerja.

3. Penggunaan Sistem POS Retail

Staff penjuaan harus belajar cara menggunakan Sistem POS Retail untuk memproses penjualan atau return barang. Keahlian yang perlu diterapkan akan, antara lain:

  • Cara login ke Sistem POS
  • Memulai penjualan
  • Mencari pelanggan dan pembelian mereka sebelumnya
  • Mencari produk
  • Menerima pembayaran tunai dan kartu kredit/ debit
  • Mencetak kertas tanda terima dengan benar
  • Memproses voucher/ point customer
  • Menerapkan promosi
  • Memproses return
  • Mencatat loss sales

4. Kemasan

Kemasan barang adalah bagian besar dari branding dan pasca-pembelian, Banyak outlet menjadi terkenal karena kemasan yang baik, unik dan berbeda dari toko ritel biasa. Pada akhirnya, staff penjualan akan menjadi karyawan yang bertanggung jawab untuk menyediakan membagikan pengalaman ini kepada pelanggan, jadi mereka harus tahu cara mengemas produk Anda sesuai dengan citra yang ingin dibentuk.

5. Bekerja dengan Sistem POS Ritel

Staff penjualan perlu tahu cara menjalankan beberapa elemen administrasi Sistem POS Ritel dalam berbagai tingkatan. Untuk staff penjualan mereka perlu mengetahui laporan laporan apa saja yang mereka perlukan. Akan sangat efektif jika para staff penjualan dapat memproses laporan mereka langsung dari Sistem POS Ritel tanpa perlu membuang waktu dalam mengerjakan laporan secara manual.

turboly.com