Sistem POS vs Sistem ERP

image

Semakin berkembangnya teknologi ikut mempengaruhi industri perdagangan baik itu retail maupun wholesale. Banyak solusi yang dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan industri ini. Salah satu yang saat ini solusi teknologi yang berkembang cukup pesat adalah Sistem POS dan Sistem ERP. Bagi sebagian orang masih banyak yang belum mengerti apa perbedaan antara Sistem POS dan Sistem ERP? karena ada beberapa kemiripan di antara keduanya, berikut ulasannya :

Sistem POS (Point of Sales)

Sistem POS secara awam disebut sistem kasir yang menggunakan komputer. Sebenarnya ini adalah suatu aplikasi untuk membantu bagian penjualan khususnya pada perusahaan retail dan digunakan di bagian kasir. Sistem ini dibuat untuk membantu kasir dalam mengelola proses penjualan. Karena adanya kebutuhan untuk membuat proses penjualan menjadi praktis dan cepat sehingga menghindari pelanggan untuk antri dalam waktu yang lama.

Sistem POS memiliki fitur diskon, membership, voucher, loyality points yang bisa digunakan oleh kasir. Sistem POS akan dilengkapi dengan perangkat lain seperti printer, barcode scanner, dan cash drawer. Sistem POS juga memiliki Inventory System yang sederhana dimana bisa membantu dalam pengelolaan stok barang.

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning)

Sistem ERP adalah sebuah sistem yang dibuat untuk membantu proses perencanaan dan pengelolaan perusahaan. Pengelolaan perusahaan yang dimaksud adalah mulai dari transaksi penjualan, customer, pengelolaan inventory, pembelian, produksi, dan pengelolaan sumber daya manusia, keuangan yang akan menghasilkan laporan keuangan.

Sistem ERP akan menyatukan seluruh perencanaan dan operasional seluruh bagian di perusahaan. Dengan penerapan Sistem ERP yang maksimal akan mengurangi penggunaan kertas (paperless) karena seluruh dokumen akan disimpan didalam sistem (digital).

Dari deskripsi singkat mengenai Sistem POS dan Sistem ERP, apa yang membuat keduanya sama? Apa yang membuat berbeda?

Persamaan dari Sistem POS dan Sistem ERP adalah keduanya memiliki fitur penjualan baik itu retail (POS) atapun wholesale yang bisa membantu di bagian penjualan.

Perbedaan Sistem POS dan Sistem ERP. Perbedaan tersebut kita bisa lihat dibawah ini :

Sistem POS

Hanya digunakan oleh bagian penjualan, namun memiliki fitur sederhana untuk pembelian dan pengelolaan inventory. Sistem POS juga tidak dilengkapi dengan modul akuntansi sehingga laporan yang dihasilkan hanya sekitar laporan penjualan. Melihat dari fungsi yang dimiliki, Sistem POS lebih cenderung digunakan untuk usaha startup dimana kebutuhannya masih seputar kasir dan cukup sederhana.

Sistem ERP

Penggunaan Sistem ERP cocok jika suatu perusahaan mempunyai kebutuhan untuk mengintegrasikan seluruh bagian atau divisi perusahaan seperti pengelolaan penjualan, pembelian, pengelolaan inventory, produksi, dan pengelolaan sumber daya manusia, keuangan dan kebutuhan akan laporan akuntansi dan pajak.

Perbedaan Sistem POS dan Sistem ERP terletak pada cakupan penggunaannya dimana POS hanya membantu penjualan sedangkan Sistem ERP membantu seluruh bagian perusahaan. Jadi pertimbangan sistemi mana yang akan digunakan nanti, tentunya tergantung dari kebutuhan masing-masing perusahaan.

turboly.com