Faktor Utama Sebelum Menentukan Target Penjualan

image

Berbicara mengenai dunia usaha tentu tidak terlepas dari sebuah target penjualan. Target penjualan biasanya ditetapkan oleh perusahaan dan ditentukan pada awal tahun dengan dipengaruhi oleh beberapa faktor baik dari eksternal seperti trend yang sedang demand, pertumbuhan ekonomi, kebutuhan pasar maupun dari faktor internal seperti pencapaian target tahun lalu dan kesiapan produk yang akan dipasarkan.

Faktor-faktor utama yang menjadi peranan penting untuk diketahui sebelum menentukan target penjualan adalah sebagai berikut :

  • Pertama, Target yg baik adalah target yg bisa di capai dengan sebuah “lompatan”. Penting artinya mengetahui penentuan target tersebut haruslah pas, realistis, terukur dan bisa di capai, karena menetapkan target yg terlalu rendah akan berimplikasi kepada kemampuan sales yang akan menurun dan menetapkan target yang terlalu tinggi tidak realistis akan memunculkan rasa frustasi dan hilangnya motivasi dari team sales.

  • Kedua, Target harus sejalan dengan prediksi pertumbuhan pasar dan rencana pengembangan bisnis kedepan. Diperlukan data-data historis yang valid dari Software ERP Retail untuk menganalisa apa yang telah dicapai sebelumnya. Hal-hal seperti inilah yang akan menjadi acuan dasar dalam menentukan target penjualan di masa depan.

  • Ketiga, Target yang baik harus berdasar pada unsur pertimbangan yang realistis. Penting bagi kita untuk mencapai target yang di tentukan, tetapi tidak kalah penting pula bahwa harus realistis dalam melihat keadaan yang ada. Hal ini banyak sekali terjadi pada bidang sales dalam industry retail. Revisi target bukan merupakan hal yang tabu untuk dilakukan, jika dalam analisa yang dilakukan berpotensi menimbulkan resiko kerugian.

turboly.com