Kesalahan Dasar Pemilik Barang Konsinyasi

image

Strategi dengan penjualan sistem konsinyasi ini sangat efektif bagi pemilik produk. Tapi yang pasti bagi Anda pemilik barang harus memiliki kriteria khusus untuk penyalur barang/produk Anda, karena jika tidak maka Anda justru akan mengalami kerugian seperti barang rusak ataupun hilang.

Tidak semua sistem penjualan konsinyasi dapat berhasil sesuai harapan para pemilik produk. Berikut adalah kesalahan dasar para pemilik produk dalam menjual barang konsinyasi :

Tidak Cermat Dalam Memilih Mitra

Kalau Anda salah dalam memilih mitra penjual (toko) maka produk anda dipastikan tidak akan laku atau kalaupun laku akan memakan waktu yang lama.

Tidak Ada Kontrak / Perjanjian Kerjasama

Dalam kerjasama penjualan konsinyasi, setelah mendapatkan mitra penjual yang sesuai dengan kriteria ada baiknya selalu dibuatkan perjanjian kerjasama. Hal ini penting untuk saling mengetahui hak dan kewajiban dari mitra dan pemilik barang. Karena pada dasarnya hubungan antara pemilik barang dan toko adalah hubungan hokum, namun dalam implementasi sehari-hari adalah hubungan kepercayaan.

Kurang Promosi

Salah satu kewajiban dari mitra penjual adalah mempromosikan barang anda. Namun jangan terus beranggapan bahwa pemilik barang juga tidak perlu melakukan promosi, karena promosi tetap harus dilakukan baik oleh pemilik barang dan mitra penjual. Ada baiknya jika konsep dan bahan promosi disiapkan oleh pemilik barang agar materi promosi seragam di setiap mitra penjual sehingga, pasar/ konsumen akan mudah untuk mengingat dan menangkap pesan dari promosi yang dilakukan.

Tidak Memiliki Merchandiser

Masih berhubungan dengan promosi. Display produk adalah salah satu sarana promosi yang murah dan tepat. Banyak yang tidak menyadari hal ini, oleh karena itu sebagai pemilik barang jangan sampai anda tidak memiliki tim merchandiser yang dapat membantu anda untuk mengatur display barang anda di toko mitra penjual, berikan tawaran menarik pada mitra penjual agar dapat menempatkan barang anda di tempat strategis.

Kurang Disiplin Dalam Prosedur Rekonsiliasi Penjualan

Dalam penjualan konsinyasi, penjualan anda akan diakui ketika barang anda berhasil dijual oleh mitra penjual. Oleh karena itu, jika ada tidak disiplin secara regular melakukan rekonsiliasi penjualan mitra maka dipastikan penjualan dan pembayaran yang anda terima akan terganggu. Oleh karena itu, tentukan kapan waktu rekonsiliasi penjualan yang anda lakukan dan jangan lupa cantumkan hal tersebut di perjanjian kerjasama.

Kesimpulannya adalah jika Anda memang tertarik untuk menerapkan sistem penjualan konsinyasi, anda wajib menggunakan Software ERP Retail agar pencatatan dan informasi data yang dihasilan jelas dan akurat, ini untuk menghindari barang hilang atau terjual tapi tidak tercatat secara sistem.

turboly.com