Manfaat Segmentasi Pelanggan di Toko Anda

image

Industi ritel telah berubah selama beberapa tahun terakhir, dan begitu juga harapan pelanggan. Pelanggan modern melihat lebih dari sekadar produk ketika mereka berbelanja mereka juga akan menghargai perusahaan yang mengidentifikasi kebutuhan mereka dan memenuhi harapan mereka yang terus meningkat. Untuk mencapai hal ini, pengecer harus terlebih dahulu menyingkirkan pemikiran bahwa satu startegi akan cocok untuk semua dengan pelanggan. Oleh karena itu diperlukan strategi yang lebih dipersonalisasi. Disinilah diperlukan segmentasi pelanggan.

Sederhananya, segmentasi pelanggan adalah ketika pengecer mengatur basis pelanggan mereka yang luas menjadi subkelompok yang lebih kecil - seringkali dengan bantuan sistem POS Ritel. Pengecer memilih dan memilah grup yang relevan dan menambahkannya ke basis data POS Software.

Apa itu grup pelanggan?

Kelompok pelanggan adalah bagian dari pelanggan serupa. Ketika bisnis memulai segmentasi pelanggan ritel, individu dikelompokkan ke dalam kelompok berdasarkan jenis kelamin, lokasi geografis, barang yang umumnya dibeli, atau fitur penentu lainnya. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulai segmentasi pelanggan, mulailah dengan mengidentifikasi kategori luas yang berlaku untuk kelompok besar pembeli. Setelah membentuk grup menyeluruh, Anda dapat memecahnya menjadi kategori yang lebih kecil dan lebih spesifik. Tidak masalah jika grup pelanggan Anda terlihat tumpang tindih, tetapi terlalu banyak tumpang tindih dapat menghambat analisis data Anda.

POS Ritel seperti Turboly memberi Anda alat untuk membuat grup pelanggan untuk penentuan harga unik, alokasi poin hadiah, dan analisis data. Segmentasi pelanggan ritel membantu Anda mengidentifikasi tren pembelian di berbagai demografi dan menciptakan strategi pemasaran yang lebih kuat dan lebih sukses berdasarkan data tersebut.

Segmentasi Bertujuan untuk Identifikasi Pelanggan

Segmentasi pelanggan membuat bagian marketing, pengembangan produk, dan layanan pelanggan lebih efektif dengan membantu pengecer mendapatkan wawasan lebih lanjut ke dalam kelompok tertentu dalam basis pelanggan mereka. Ingat bahwa tidak semua pelanggan memiliki harapan yang sama. Tanpa segmentasi pelanggan, bisnis sering berjuang untuk memenuhi harapan pelanggan, ketika semua pelanggan dikelompokkan secara kolektif, data pelanggan yang akan didapatkan menjadi tidak akurat.

Mengumpulkan Data Lebih Cerdas yang Meningkatkan Bisnis Anda

Manfaat lain dari segmentasi adalah membantu pengecer mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kinerja mereka. Data yang terkait dengan penjualan, kampanye pemasaran, dan program insentif semuanya dapat dipecah menjadi segmen berdasarkan data transaksi pelanggan. Bahkan, solusi Sistem POS berbasis cloud yang paling baik secara otomatis merekam dan memperbarui data transaksi pelanggan setiap kali mereka melakukan pembelian, dan kemudian men-sinkronkan informasi itu di semua lokasi toko secara otomatis.

Pengecer dapat menggunakan informasi ini dengan berbagai cara, termasuk menentukan demografi atau pembeli mana yang menjadi pelanggan ideal mereka. Ini dapat dilakukan dengan melihat segmen pelanggan mana yang:

  • Memiliki ukuran transaksi terbesar per kunjungan.
  • Apakah yang paling menguntungkan bagi perusahaan selama jangka waktu yang panjang.
  • Memiliki frekuensi transaksi tertinggi.
  • Lebih cenderung memiliki pembeli satu kali dan pembeli berulang.

Membuat Promosi yang Tepat

Salah satu keuntungan terbesar segmentasi pelanggan adalah bagaimana meningkatkan promosi pemasaran. Dengan melacak pelanggan dalam kelompok, pengecer dapat melihat sejumlah variabel yang berbeda untuk membantu mereka menentukan cara terbaik untuk menarik pelanggan baru, membangun loyalitas merek, dan menciptakan kesadaran seputar produk tertentu.

turboly.com