Pentingnya Pembukuan Bagi Perusahaan

image

Setiap pengusaha wajib menyadari pentingnya memiliki pembukuan. Mengapa demikian? Karena dibutuhkan analisa atas kondisi perusahaan antara penjualan dan pengeluaran, in yang diperoleh dengan pengeluaran agar usaha yang dijalankan tetap berjalan, sehingga untuk mempermudah dalam melihat arus keuangan tersebut dibutuhkan pembukuan.

Pembukuan adalah suatu proses pengumpulan data dan informasi yang berhubungan dengan keuangan pada usaha kita secara teratur dan terperinci. Hal itu meliputi modal, biaya dan penghasilan, kewajiban, dan sebagainya. Kemudian di akhir dari proses tersebut biasanya dibuat sebuah laporan keuangan. Dengan demikian, kita bisa mengetahui bagaimana hasil yang diperoleh oleh usaha kita dan juga membandingkannya antara rencana atau rancangan usaha serta target yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Dalam berbisnis kebanyakan hanya berfokus pada strategi penjualan. Namun ada hal yang tidak kalah penting yang tentunya menunjang keberhasilan suatu usaha, hal tersebut adalah pembukuan. Pembukuan adalah pencatatan tentang transaksi masuk dan transaksi keluar yang terjadi akibat dari aktivitas bisnis yang dilakukan .

Pentingnya pembukuan dalam sebuah bisnis antara lain adalah :

  • Bisa diketahuinya pekembangan bisnis yang dijalankan, apakah hasil yang didapat untung atau rugi.
  • Dapat mengontrol biaya yang dikeluarkan dalam operasional bisnis tersebut.
  • Dapat mengetahui secara pasti hutang ataupun piutang .
  • Dapat mengetahui asset yang dimiliki seluruhnya, yang berpengaruh terhadap rugi laba sebuah bisnis nantinya.
  • Dapat mengetahui kewajiban yang timbul dari bisnis tersebut ( misalnya: pajak ).
  • Meminimalkan resiko kehilangan asset, produk/barang ataupun uang.

Pembukuan Keuangan Menggunakan Software ERP

Membuat pembukuan akan menjadi mudah apabila menggunakan bantuan Software ERP Indonesia yang bisa membantu proses pembukuan secara otomatis. Dengan memanfaatkan Software ERP segala proses mulai dari penjualan, pembelian, inventory dan seluruh pengakuan biaya akan otomatis terintegrasi menjadi satu. Sehingga laporan akan lebih akurat dan meminimalisir kesalahan dari user. Adanya pembukuan usaha memang sangat penting, meskipun kita memulainya dengan membuat pembukuan yang cukup sederhana karena hal itu menjadi pokok dari manajemen usaha dan bisnis kita nantinya.

turboly.com