Tentukan Modul Software ERP yang Sesuai Bisnis Anda

image

Software ERP saat ini sudah sangat dibutuhkan terutama bagi perusahaan yang mulai berkembang. Bagi sesuai bisnis apapun industrinya Software ERP adalah solusi terbaik untuk mendapatkan laporan dan visibilitas keseluruhan aktivitas bisnis di perusahaan, karena Software ERP dapat membantu mengidentifikasi proses berjalan baik atau buruk.

Modul apasaja yang dibutuhkan dari sebuah Software ERP dapat ditentukan berdasarkan jenis industry dan bisnis dari suatu perusahaan. Modul yang tersedia di Software ERP pada umumnya berbeda untuk berbagai jenis bisnis dan kebutuhan. Namun, beberapa modul back office biasanya hampir sama kebutuhannya di semua perusahaan. Berikut adalah contoh modul Software ERP yang penting bagi perusahaan:

Sistem Point of Sales (POS)

Modul Point of Sales (POS) ini digunakan untuk berbagai jenis usaha, bisa gerai ritel dan grosir/ wholesale ataupun Food & Beverage (F&B). Fitur dalam modul ini pun berbeda jika dilihat dari jenis industrinya, contoh Retail & F&B berbeda karena karakteristik produk yang dijual berbeda. Modul Point of Sales (POS) ini pada dasarnya digunakan untuk input data penjualan.

Sistem Inventory Management

Modul ini adalah nyawa dari seluruh jenis usaha mulai dari retail, grosir, manufaktur, perakitan ataupun F&B. Modul Sistem Inventory Management ini berguna untuk membantu mengelola persediaan baik untuk bisnis skala kecil sampai ke skala yang besar. Sistem Inventory Management ini terdiri dari beberapa sub modul seperti Warehouse Management, Production dan Supply Chain Management. Secara normal modul Inventory Management ini akan terintegrasi dengan modul Point of Sales (POS).

Customer Relationship Management (CRM)

Bagi beberapa jenis industri, seperti retail, wholesale, dan jasa lainnya, modul CRM juga merupakan salah satu modul yang cukup penting kebutuhan dasar sebagian besar bisnis. Dimana modul ini berfungsi untuk mengatur segala aktivitas yang berhubungan dengan customer mulai dari sisi marketing, pricing, promosi dan sebagainya. Namun modul ini tidak utama bagi industry manufaktur, perakitan atau segala industry yang tidak berhubungan dengan end user.

Akuntansi & Keuangan

Akuntansi & Keuangan adalah modul yang dibutuhkan oleh semua jenis industry. Karena muara dari Sistem ERP adalah laporan yang salah satunya adalah laporan keuangan. Modul ini mengatur dan menampung semua proses yang di perusahaan mulai dari pembelian penjualan, persediaan hingga arus kas, yang diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan laporan keuangan. Di lain pihak, modul ini juga berguna bagi auditor eksternal ketika melakukan audit di suatu perusahaan.

Human Resource Management & Payroll

Modul ini menangani data yang relevan dengan departemen Human Resource dalam perusahaan. Mulai dari data karyawan, pengaturan absensi, cuti hingga penggajian dan pajak. Modul penggajian lebih relevan untuk perusahaan yang memiliki jumlah karyawan besar.

Jadi, sebelum menentukan modul apa saja yang ketika akan menggunakan Software ERP hal pertama yang perlu dilakukan adalah ketahuilah jenis usaha dan kebutuhan perusahaan. Jangan sampai Anda menggunakan banyak modul namun tidak digunakan atau tidak maksimal.

turboly.com