Strategic Planning Dengan Sistem ERP

Banyak perusahaan yang beralih menggunakan software ERP guna mendukung strategi pertumbuhan bisnis kearah yang lebih baik. Manfaat Software ERP telah disadari dapat meningkatkan proses bisnis yang mereka miliki.

Pada artikel sebelumnya Apakah Sistem ERP Bermanfaat?, secara garis besar kita sudah banyak tahu mengenai fungsi dari Sistem ERP. Tapi apakah penggunaan Sistem ERP sudah maksimal? Karena banyak fitur dan modul dalam sistem ERP yang dapat membantu menjalankan proses bisnis. Sistem ERP merupakan “alat” manajemen yang berguna untuk menyeimbangkan dan menyambungkan seluruh aktifitas penjualan, kontrol persediaan & pembelian hingga akuntansi.

Pada akhirnya software ERP merupakan sistem yang akan membantu untuk melakukan perencanaan dan mengoptimalkan keseluruhan bisnis melalui data yang akurat. Sistem ERP akan menyajikan beragam data dari unit bisnis yang berbeda-beda secara sistematis, komprehensif, real-time, dan mudah dalam aksesnya. Hal ini akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pemantauan dan pengendalian atas aktifitas bisnis.

Dalam membuat rencana strategis perusahaan akan melibatkan pembuatan rencana kerja perusahaan. Dalam penentuan strategi ini, perusahaan membutuhkan pengetahuan akan kondisi perusahaan untuk membangun strategi dengan baik dan itulah yang di berikan oleh sistem ERP kepada perusahaan. Software ERP dapat memberikan data penting yang memungkinkan Anda mengambil keputusan untuk mengelola, mengembangkan dan membuat strategi operasional perusahaan.

Strategic Planning merupakan suatu proses yang menentukan dan mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber daya di dalam perusahaan. Hal ini sering dijadikan acuan sebagai proses untuk menentukan arah jangka panjang perusahaan. Perusahaan yang ingin memiliki perencanaan jangka panjang yang baik, perlu melakukan perencanaan secara tepat karena ada banyak sumber daya yang dipergunakan.

Sistem ERP dapat dijadikan alat dalam membangun perencanaan strategis. Dengan Sistem ERP, proses perencanan dapat dilakukan dengan cepat. Manfaat Sistem ERP untuk perencaaan strategi bisnis meliputi :

  • Identifikasi kelebihan dan kekurangan bisnis Anda
  • Mengukur kebutuhan sumber daya yang akan digunakan terutama yang berkaitan dengan keuangan.
  • Perencanaan bagian operasional lebih terukur karena setiap bagian terintegrasi
  • Fokus. Tidak ada waktu terbuang untuk membuat laporan atau mengumpulkan data.

Strategic Planning berfokus untuk jangka Panjang perusahaan, maka dari itu mulailah maksimalkan Sistem ERP Anda.

www.turboly.com