6 Fungsi Wajib dari Software Inventory Management

Menjalankan Manajemen Inventory dengan benar dapat mempengaruhi kondisi perusahaan dan dapat membantu mengendalikan biaya yang timbul. Dengan memanfaatkan Sistem Inventory Management adalah solusi yang memberikan informasi akurat mulai dari melacak pembelian, tingkat persediaan dan penjualan di Sistem Point of Sale (POS) dan akhirnya membuat proses inventory menjadi lebih efektif.

Software Inventory Managemeny memberikan manfaat yang besar bagi perusahaan. Berikut adalah 6 fungsi dasar yang harus dimiliki Software Inventory Management :

Manajemen Persediaan Sederhana

Salah satu fungsi kunci dari Software Inventory Management adalah membuat proses pengeloaaln persediaan menjadi lebih mudah dan efisien. Dengan otomatisasi sistem persediaan pengelolaan persediaan akan lebih mudah serta menghemat waktu dan uang. Proses Purchase Order, Peneriman, Transfer hingga Return akan dapat diproses dengan cepat dan akurat. Hasilnya keputusan yang diambil akan lebih tepat dan cerdas.

Inventory Control

Mengelola dan menjaga keseimbangan persediaan merupakan tugas yang menantang. Memiliki stok terlalu sedikit dapat menyebabkan kehabisan stok dan mengecewakan pelanggan dan menyebabkan kemungkinan kerugian sementara kelebihan stok bisa memakan ruang di gudang. Software Inventory Management dapat melacak tingkat stok rendah dan mengatur pemesanan ulang otomatis untuk setiap produk.

Menyeimbangkan Supply = Demand

Memberikan data yang akurat kapan Inventory harus dipesan menyesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan analisa berdasarkan penjualan dan stock terkini atau Suggested Order Quantity (SOQ). Merupakan contoh fitur dari Software Inventory Manajemen yang berkualitas.

Identifikasi Service Rate

Dapat mengidentifikasi Service Rate baik internal ataupun eksternal (supplier). Dari Service Rate dapat membantu analisa jika ingin membuka beberapa gudang regional yang berlokasi di dekat pelanggan untuk meningkatkan efisiensi dan meningkatkan tingkat layanan melalui Informasi yang disediakan Software Inventory Management.

Laporan inventory

Software Inventory Management akan secara otomatis menghasilkan laporan. Baik itu laporan persediaan terkini, minimum stock, slow moving stock hingga laporan perkiraan/ forecasting.

Pelacakan Serial Number

Fungsi lain dari Software Inventory Manajemen yang cukup penting adalah pelacakan Serial Number. Software Inventory Management System yang baik akan dapat mengelola jumlah Serial Number yang tidak terbatas, sejak saat inventory diterima dan hingga waktu dikeluarkannya.

Jangan ragu untuk berinvestasi dalam Software Inventory Management karena manfaatnya instant akan dapat dirasakan.

Baca Juga : Tips Memanfaatkan Stock Mati

www.turboly.com