Customer Group,Buat Apa?

image

Saat bisnis sudah berjalan dan berbagai jenis customer mulai datang ke toko Anda. Berarti sudah saatnya Anda menganalisa berbagai segmen dan group customer yang datang di toko Anda. Tahap ini memang perlu untuk dilakukan agar Anda memiliki informasi yang jelas siapa customer Anda. Pengelompokan customer/ customer grouping bisa berdasarkan banyak hal, misalnya profesi dan gender.

Banyak hal yang berguna jika Anda telah mendapatkan informasi mengenai customer group diantaranya :

Fokus dan Produktif

Seringkali para pemilik bisnis membuang waktunya untuk kegiatan yang kurang produktif. Waktu yang dibuang gak sepadan dengan hasilnya. Dengan mengelompokan customer berdasarkan group artinya Anda memahami betul siapa pembeli Anda yang sesungguhnya. Apa yang mereka butuhkan, apa yang mereka inginkan, bagaimana cara menjangkau mereka, kapan waktu yang tepat dan sebagainya. Tanpa perlu melakukan banyak riset. Tanpa perlu menduga-duga sesuatu yang gak pasti. efficiency time tidak kalah penting dari efficiency cost.

Marketing Target

Ide konten marketing itu biasanya akan sulit ditemukan kalau kita tidak memahami betul siapa yang akan menggunakan produk/jasa kita. Jangan cuma memahami calon pelanggan Anda, tapi posisikan diri Anda sebagai mereka. Jadi, berkreasilah dalam membuat konten dan promosi yang menarik bagi bisnis Anda. Misalnya usaha Anda bengkel motor, dan Anda ingin menyasar Customer Group “Ojek Online” maka Anda akan tahu dimana seharusnya beriklan dan promo apa yag akan disiapkan.

Promosi Tepat Sasaran

Jika diibaratkan memancing, gunakanlah umpan yang diskuai oleh ikan, begitu juga dengan bisnis Anda. Dengan mengetahui grouping customer yang sering datang ke toko Anda, Anda akan dapat lebih fokus ketika melakukan promosi dan yang pasti promosi akan tepat sasaran. Karena tepat sasaran, maka hasilnya juga akan terlihat lebih cepat dan jelas dibandingkan jika memberikan promo global tanpa target yang jelas.

Boost Sales

Fokus pada customer group bukan berarti mempersempit peluang terjadinya penjualan, justru sebaliknya. Kenapa? Karena Anda sudah memahami siapa yang segmen Anda saat ini. Di tahap inilah Anda akan menimbulkan pendekatan secara personal yang mana sangat dibutuhkan untuk pemasaran saat ini dan mampu membangun kepercayaan pelanggan untuk meningkatkan penjualan.

Dengan manfaat seperti disampaikan diatas, dimana Anda dapat mendapatkan data customer dan pengelompokannya? Jawabannya ada di Sistem POS Anda. Sistem POS yang baik, akan memiliki banyak fitur yang berhubungan dengan customer salah satunya adalah pengelompokan customer berdasarkan group. Hal yang membedakan customer group dengan member adalah setiap customer yang masuk dalam group customer belum tentu menjadi member toko Anda, namun jika Anda sudah menjaring mereka kemungkinan untuk menjadi pelanggan setia / member akan sangat terbuka lebar.

turboly.com

Baca Juga : TAHAPAN DALAM PROSES MEMULAI BISNIS BARU