Evolusi Software ERP Sistem Untuk Distributor:Cloud ERP

Software ERP Sistem untuk perusahaan distribusi saat ini berubah dengan cepat karena kemajuan teknologi yang membuatnya lebih efisien, akurat dan kuat. Ada banyak solusi Software ERP yang dirancang untuk bisnis wholesale dari semua ukuran, menawarkan fitur-fitur canggih yang membuat proses manajemen distribusi jauh lebih mudah.

Mengapa Software ERP sangat penting bagi perusahaan distribusi?

Tujuan utama dari Software ERP Wholesale adalah untuk membantu mengelola berbagai tugas yang berkaitan dengan produksi dan distribusi. Software ERP juga membantu melacak persediaan, mengelola dan memproses pesanan, mengolah data keuangan & akuntansi, hingga menyediakan kemampuan Supply Chain Management. Pada akhirnya fungsi Software ERP adalah untuk membantu perusahaan distribusi mengalokasikan sumber daya secara efisien di seluruh bagian perusahaan.

Dengan bantuan Software ERP Sistem Distribusi yang komprehensif, perusahaan memperoleh akses data secara real-time di berbagai bagian. Sehingga hasilnya akan lebih mudah untuk diukur dan dianalisa.

Nah, dengan perkembangan teknologi yang cukup pesat, Software ERP Sistem Distribusi pun mengalami evolusi. Cloud ERP adalah teknologi mengevolusi dan meningkatkan kemampuan Software ERP Sistem Distribusi. Cloud ERP sedang naik daun seiring dengan kemudahan akses Internet. Manfaat yang dibawa oleh teknologi cloud ke ERP khususnya bagi para distributor pun cukup banyak, antara lain :

Akses Data Real-Time

Distributor harus memiliki semua data mereka sesuai permintaan untuk membuat keputusan yang tepat, dan Cloud ERP membantu menyediakan data itu dapat diakses kapan saja, di mana saja.

Kapasitas Server Sesuai Kebutuhan

Salah satu kelebihan Cloud ERP disbanding Sistem ERP konvensional adalah penggunaannya bisa sesuai kebutuhan dan jika membutuhkan kapasitas lebih pun dengan mudah ditingkatkan. Jadi, tidak perlu khawatir akan cukup atau tidak kapasitas HDD server atau mungkin yang sering terjadi kelebihan. Hal ini juga dapat diartikan nilai investasi awal yang akan turun secara signifikan.

Internet of Things

Internet of Things (IoT) merupakan manfaat besar Cloud ERP. IoT memungkinkan lalulintas data / komunikasi antar bagian dalam satu platform, dan semua data informasi akan ditempatkan di satu tempat yang sama. Selain itu, dengan teknologi internet konektifitas dengan perangkat apapun akan lebih mudah. Jadi, hambatan yang ada cukup minimal.

Otomatisasi

Otomasi adalah teknologi yang membuat Cloud ERP menjadi keharusnya. Semua proses antar bagian dari front-end ke back-end akan berjalan secara dinamis hasilnya proses bisnis menjadi lebih simple namun sangat efektif. Mulai dari Sales Order hingga delivery sampai menghasilkan sebuah laporan keuangan. Otomasi bahkan dapat mencegah “human error” yang terkadang bisa berasa “mahal”

Baca Juga : MANFAAT MENERAPKAN SISTEM ERP BERBASIS CLOUD DI PERUSAHAAN DISTRIBUTOR

www.turboly.com