Apa Itu Intelejen Bisnis?

image

Apa Itu Intelijen Bisnis?

Sistem intelijen bisnis dulu hanya diakses oleh perusahaan-perusahaan besar yang memiliki anggaran IT yang sangat besar. Tetapi berkat perkembangan teknologi seperti cloud dan hadirnya software as a service (SaaS) atau perangkat lunak sebagai layanan, semakin banyak perusahaan kecil yang memanfaatkan opsi yang terjangkau ini seperti Sistem Cloud POS.

Dengan memanfaatkan intelejen bisnis yang baik, perusahaan dapat meningkatkan pendapatan dan keuntungannya. Namun, hal tersebut dapat dicapai jika perusahaan menerapkan sistem secara benar karena banyak diantara mereka yang mengalami kegagalan.

Menggunakan intelijen bisnis dengan cerdas akan mendapat pemahaman yang solid tentang apa makna intelijen bisnis, dan manfaat apa yang dibawa untuk bisnis, dan bagaimana caranya bisa menerapkannya dengan sukses. Bagaimana perusahaan menggunakan sistem intelijen bisnis saat ini untuk membantu mereka mendapatkan informasi tentang operasi mereka dan membuat keputusan dengan lebih baik.

Apa itu Intelijen Bisnis? Intelijen bisnis (IB) adalah istilah platform yang mencakup penerapan, infrastruktur dan sarana, serta implementasi yang memungkinkan akses dan analisis informasi untuk meningkatkan dan mengoptimalkan keputusan dan kinerja. Dengan istilah yang lebih sederhana, ini adalah tentang membuat keputusan yang lebih baik dalam bisnis dengan menganalisis informasi yang dihasilkan oleh teknolgi misalnya Sistem Cloud POS.

Menggunakan solusi intelijen bisnis untuk menganalisis aspek apa saja di perusahaan dan memantau efektivitas upaya penjualan, misalnya efisiensi operasional, kinerja staff dan sebagainya.

Lalu apa manfaatnya bagi Usaha Kecil?

Sistem intelijen bisnis bisa butuh banyak biaya dan menghabiskan waktu. Jadi apa manfaat melakukannya? Apa yang bisa dilakukan sistem intelijen bisnis untuk usaha kecil Anda?

Alasan utama mengapa perusahaan kecil memanfaatkan intelijen bisnis adalah untuk “pembuatan keputusan yang lebih baik”. Alasan-alasan lainnya termasuk:

Kebanyakan perusahaan sudah melakukan analisis data secara manual dengan spreadsheet di Microsoft Excel. Prosesnya bisa menghabiskan banyak waktu, dan hasilnya tidak selalu seperti yang Anda cari. Excel cukup hebat dalam melakukan banyak hal, tetapi terkadang Anda membutuhkan alat lain untuk memecahkan masalah yang berbeda. Oleh karena itu dibutuhkan suatu solusi yang dapat menyediakan data dengan mudah dan akurat seperti Sistem Cloud POS.

Untuk Meningkatkan Penjualan

Pelanggan adalah jantung kehidupan bagi bisnis apa saja dan sistem intelijen bisnis bisa membantu Anda memahami mereka dengan lebih baik. Perusahaan telah mengumpulkan data dari histori pencarian, pembelanjaan, dan yang lainnya, tetapi mencari cara yang lebih baik untuk menganalisis semua data itu dan membuahkan hasil yang bisa dieksekusi. Misalnya mengirimkan mereka email mengenai promo atas produk-produk yang mereka sukai atau memberikan perhatian dengan mengirimkan ucapan selamat ulang tahun. Hasilnya bisa membuat pelanggan yang tertarik dengan kategori barang baru yang belum pernah mereka beli sebelumnya.

Untuk Mengontrol Inventaris

Mengontrol inventaris adalah cara yang penting untuk membuat bisnis Anda lebih efisien, meningkatkan arus kas dan keuntungan. Sistem intelijen bisnis bisa membantu Anda melakukannya. “Mengurangi kelebihan stok” adalah salah satu perubahan paling mudah yang bisa dilakukan perusahaan yang akan langsung mempengaruhi hasilnya. Sistem Cloud POS dengan intelejen bisnins yang baik akan menyediakan visibilitas yang lebih baik bagi retailer, memungkinkan mereka untuk membuat keputusan yang lebih baik tentang apa yang akan dipesan dan agar barang-barang tidak menganggur gudang.”

Baca Juga : 6 FUNGSI WAJIB DARI SOFTWARE INVENTORY MANAGEMENT

turboly.com