Menghasilkan Laporan Lebih Akurat Dengan Sistem ERP

image

Sistem ERP adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola seluruh data transaksi yang ada di perusahaannya. Sistem ini memiliki fungsi sebagai platform transportasi data ke semua bagian perusahaan sehingga aktivitas setiap bagian tersebut dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan fungsinya masing-masing.

Sistem ERP menyediakan data yang akurat dari seluruh aktivitas operasional di seluruh bagian perusahaan, sehingga Sistem ERP ini dapat mendorong kemampuan pengambilan keputusan yang lebih baik. Jadi keputusan yang dihasilkan nantinya dapat saling mendukung proses operasional perusahaan.

Sistem ERP memberikan banyak keuntungan. Antara lain menghemat waktu para pengguna dengan tidak perlu melakukan penginputan data ulang karena informasi data akan berkelanjutan dari front end ke back end. Misalnya untuk bagian finance akan menerima seluruh laporan penjualan dan inventory di sistem ERP, secara otomatis laporan piutang dan hutang akan terbentuk sehingga bagian finance hanya perlu melakukan pengecekan atas kebenaran transaksi tanpa perlu melakukan penginputan ulang.

Bagian finance dapat juga menyusun laporan tagihan dan pembayaran dalam satu modul yang telah tanpa perlu melibatkan banyak bagian. Sistem ERP juga membantu laporan data yang akurat dengan mempersingkat proses data entry di mana proses ini sering mengalami kesalahan akibat “human error”.

Software ERP turut mengakses data finansial secara real time dan bisa memberikan insight terhadap performa bisnis Anda. Bahkan sistem ERP juga bisa melakukan sistem audit dengan lebih cepat dan akurat. Solusi ERP hendaknya dibarengi dengan penggunaan teknologi cloud atau disebut Sistem Cloud ERP memberikan kemudahan akses Sistem ERP menggunakan internet.

Baca juga : Sistem ERP Bisa Apa?

turboly.com