Sistem ERP Bisa Apa?

image

Membahas mengenai Sistem ERP adalah sebuah sistem yang dibentuk atas dasar kebutuhan data untuk berbagi informasi di seluruh bagian perusahaan. Tujuan utama Sistem ERP adalah untuk mengotomatisasi proses operasional supaya jalannya perusahaan lebih efisien dan memberikan visibilitas yang lebih baik ke dalam proses tersebut.

Untuk mendapatkan manfaat penuh dari Sistem ERP, suatu perusahaan perlu memaksimalkan fungsi Sistem ERP yang dimiliki. Seringkali kendala yang dihadapi bukan karena Software ERP yang dimiliki , kendala lebih kepada internal perusahaan, baik dari segi kebiasaan user, SOP hingga dukungan manajemen.

Sistem ERP dirancang untuk mengintegrasikan dan mengotomatisasi fungsi-fungsi proses bisnis mulai dari front end hingga ke back-office. Sistem ERP seharusnya membuat pekerjaan lebih mudah dan memungkinkan peningkatan produktivitas perusahaan. Lebih jauh lagi, Sistem ERP dapat membuat pondasi bisnis jauh lebih kuat, namun karena pendekatan yang salah dapat menimbulkan konsekuensi yang sebaliknya.

Integrasi adalah unsur yang sangat penting dalam Sistem ERP. Integrasi antara proses bisnis akan membantu arus komunikasi dan distribusi informasi/ data, untuk mendukung peningkatan produktivitas, kecepatan, dan proses kerja. Sistem ERP memiliki tujuan adalah mengintegrasikan informasi dan proses dari semua bagian dalam suatu perusahaan, sehingga mendapatkan kemudahan akses dan alur kerja yang terkontrol.

Sistem ERP terdiri dari beberapa modul untuk menciptakan aliran informasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.Beberapa modul software ERP yang dapat diintegrasikan ke dalam satu sistem ERP biasanya adalah:

  • Sales
  • Customer Relationship Management
  • Inventory Management
  • Accounting and Financial Management
  • Human Resource & Payroll Management

Implementasi Sistem ERP memang mahal namun jika dimaksimalkan penggunaannya akan memberikan manfaat yang menyeluruh,mengoptimalkan proses bisnis, dan memastikan manajemen mendapatkan informasi yang akurat yang pada akhirnya investasi yang dikeluarkan akan terasa murah. Sistem ERP membawa setiap proses bisnis berada di satu platform untuk menghasilkan proses yang berkesinambungan. Dengan Sistem ERP, Anda bahkan dapat mengoptimalkan penjualan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga : Sistem ERP Untuk Mengontrol Budget Perusahaan

turboly.com