Menggunakan Sistem POS Untuk Mendekati Pelanggan

image

Personalisasi dan khusus tampaknya menjadi trend ritel saat ini. Apakah memang begitu? Dewasa ini konsumen mengharapkan pengalaman berbelanja yang sangat personal dari dan bersedia membayar lebih banyak untuk itu. Untuk mendukung dan meningkatkan penjualan dari trend yang terjadi ini, diperlukan alat dan informasi yang diperlukan untuk memberi konsumen pengalaman secara personal dan menghindari kesenjangan antara Anda sebagai retailer dengan konsumen.

Apa yang membuat personalisasi begitu sulit? Jumlah data dan kebenarannya menimbulkan masalah terbesar. Aktivitas pelanggan terjadi di seluruh channel, offline – toko, website online, dan marketplace. Crosscheck data akan memberikan Anda pengetahuan tentang historis pelanggan dan menghasilkan data analisa apa yang perlu Anda lakukan untuk membuat segmentasi konsumen darimanapun mereka. Sistem POS akan menyediakan sumber data pelanggan dalam satu tempat penyimpanan untuk mendapatkan satu overview secara lengkap. Data yang dihasilkan oleh Sistem POS sangat akurat dan konsisten untuk mendukung layanan pelanggan dan pemasaran secara personal. Memiliki aliran data transaksi dari semua saluran ritel. Memiliki informasi menyeluruh dari setiap pelanggan sehingga Anda dapat memberikan layanan yang dipersonalisasi, membangun loyalitas pelanggan dan memberikan pengalaman belanja yang relevan dan menarik dengan merek Anda harus menjadi prioritas utama.

Pelanggan mengharapkan pengalaman yang sempurna baik dari transaksi offline dan online. Pengalaman berbelanja yang dulu dimulai dan berakhir di sebuah toko sekarang merupakan perjalanan bisa melalui banyak saluran — online website, marketplace hingga offline toko. Tantangan yang dihadapi industry ritel sekarang adalah bagaimana menciptakan pengalaman pelanggan yang sempurna dan konsisten serta memberikan pengalaman belanja yang manis. Kuncinya adalah memberikan pelayanan sesuai ekspektasi pelanggan yang konsisten, di mana saja offline maupun online. Landasan untuk memberikan pengalaman terbaik sejatinya harus didukung dengan teknologi Sistem POS. Dengan kemampuan yang dimiliki Sistem POS yang menyatukan sistem front-end dan back-end mulai dari pembelian, penyimpanan hingga penjualan termasuk data pelanggan. Sistem back-end platform kemudian akan menyalurkan data ke semua saluran penjualan, memastikan bahwa informasi yang akurat di semua titik kontak pelanggan disampaikan secara real-time, menciptakan efisiensi dan peluang untuk meningkatkan pengalaman pelanggan.

Memberikan pendekatan secara personal bagi setiap pelanggan selalu menciptakan potensi penjualan. Tantangannya, adalah pendekatan secara personal hanya sampai merekomendasikan “produk serupa” kepada pelanggan atas pembelian mereka sebelumnya dan bukan mencoba untuk menciptakan pengalaman baru atau pembelian baru. Oleh karena itu, menyampaikan informasi yang tepat kepada pelanggan yang tepat pada waktu yang tepat lebih penting daripada sebelumnya. Dengan mempertimbangkan teknologi dan prioritas yang tepat, Anda membuat langkah untuk memberikan pengalaman yang lebih baik sambil mendalami lebih banyak tentang pelanggan Anda.

turboly.com