7 Tips Keberhasilan Bisnis Ritel Multi Toko 1

image

Menjalankan bisnis ritel multi-toko bukan sesuatu yang mudah, tetapi dengan alat, proses, dan orang yang tepat, Anda akan menemukan bahwa mengelola beberapa toko dalam satu waktu sangat mungkin untuk dilakukan.

Berikut beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memastikan bahwa semua toko Anda berjalan dengan lancar :

1. Beralih ke cloud

Dari segi teknologi, hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk bisnis multi-toko Anda adalah menjalankannya di cloud. Karena solusi berbasis cloud tidak “hidup” di satu mesin apa pun, mereka memungkinkan Anda untuk mengakses alat dan data yang Anda butuhkan dari mana saja selama Anda memiliki koneksi Internet. Jadi apakah Anda berada di salah satu toko Anda, di rumah, atau bahkan dalam perjalanan, memeriksa cabang-cabang Anda yang lain atau operasi Anda secara keseluruhan semudah masuk ke sistem.

Selain itu, software cloud dapat mencerminkan dan memperbarui data secara realtime, sehingga informasi seperti tingkat stok dan penjualan selalu terkini. Data yang dihasilkan cukup akurat, terutama untuk retailer besar. Memiliki informasi terkini tentang bagaimana bisnis Anda berjalan akan memungkinkan Anda untuk mendapatkan tampilan kinerja toko yang lebih akurat dan membantu Anda lebih memahami bisnis Anda.

Data Anda juga lebih aman di cloud. Karena informasi tidak terikat pada perangkat lokal, Anda meminimalkan risiko kehilangan data jika terjadi sesuatu pada perangkat Anda (mis. Mereka dicuri atau tiba-tiba berhenti bekerja).Menemukan alat berbasis cloud untuk bisnis Anda baik itu Software Cloud POS atau Software Cloud ERP sangat mudah dan banyak pilhan. Solusi Management Multi Store mulai dari penjualan, persediaan, hingga keuangan dan akuntansi semuanya tersedia dan saling terintegrasi.

Pastikan untuk memilih alat Anda dengan bijak. Jika Anda menggunakan beberapa alat berbasis cloud, yang terbaik adalah memilih solusi yang dapat diintegrasikan satu sama lain. Anda ingin sistem Anda dapat “berbicara” satu sama lain dan mentransfer data dari satu program ke program lainnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir memasukkan kembali informasi apa pun.

2. Optimalkan persediaan di semua lokasi Anda

Optimalisasi persediaan sangat penting, tidak hanya ketika menjalankan beberapa toko, tetapi juga dalam hal layanan pelanggan. Anda perlu tahu berapa banyak stok yang dimiliki setiap toko pada waktu tertentu untuk menjaga tingkat persediaan yang sehat di semua lokasi Anda.

Dan jika pelanggan tidak dapat menemukan produk, ukuran, atau warna tertentu di satu lokasi, Anda akan ingin memiliki kemampuan untuk memeriksa apakah cabang lain memilikinya, sehingga Anda dapat mengarahkan pembelanja ke lokasi alternatif, atau minta barang dikirim ke toko Anda atau ke rumah mereka.

Inilah sebabnya mengapa penting untuk memiliki sistem persediaan yang memudahkan Anda melakukan pencarian persediaan atau transfer di berbagai lokasi. Melakukan hal itu tidak hanya akan membantu Anda mengisi toko Anda dengan benar, tetapi itu akan memungkinkan Anda untuk melayani pelanggan Anda dengan lebih baik. Ini juga akan membantu untuk memiliki kemampuan untuk melacak persediaan dalam perjalanan, karena ini akan memberi tahu Anda di mana produk berada setiap saat, sehingga Anda dapat membuat persiapan yang diperlukan.

Sekali lagi, memiliki solusi berbasis cloud akan membantu Anda menyelesaikan tugas-tugas di atas. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, solusi tersebut memungkinkan Anda untuk melihat informasi dari mana saja, yang berarti Anda dapat dengan mudah mencari informasi persediaan untuk berbagai toko di mana pun Anda berada.

3. Tetapkan prosedur operasi standar (SOP) untuk semua toko

Anda mungkin beroperasi di beberapa lokasi, tetapi Anda ingin memastikan bahwa semua toko Anda hanya memiliki satu cara dalam melakukan sesuatu. Ini membuat mereka lebih mudah dikelola dan memungkinkan pelanggan Anda memiliki pengalaman yang konsisten dengan merek Anda.

Mulailah membuat prosedur operasi standar (SOP) untuk bagaimana kebijakan dan kegiatan harus dilakukan di toko Anda. Jenis SOP serta cara penerapannya akan bervariasi, tergantung pada bisnisnya, tetapi untuk pengecer, SOP biasanya mencakup hal-hal berikut:

  • Transaksi keuangan - Ini harus mencakup segala sesuatu yang berkaitan dengan penanganan keuangan di toko Anda, termasuk jenis pembayaran yang Anda terima, prosedur Anda untuk memproses pengembalian dan pengembalian, seberapa sering Anda menutup register, dll.
  • Layanan pelanggan - Anda perlu menetapkan prosedur seputar layanan pelanggan. Uraikan petunjuk dan kebijakan tentang bagaimana staf Anda harus bersikap, hal-hal yang dapat dan tidak bisa mereka katakan, serta apa yang harus dilakukan ketika pelanggan mengalami kesulitan.
  • Keamanan - Pastikan Anda memiliki prosedur yang tepat yang akan membuat staf dan pelanggan Anda aman dan terlindungi. Prosedur ini harus mencakup masalah dasar, seperti siapa yang bertanggung jawab untuk membuka dan menutup toko, serta situasi yang lebih kompleks, termasuk berurusan dengan pengutil atau apa yang harus dilakukan jika terjadi bencana alam atau keadaan darurat lainnya.
  • Layout dan merchandising - Layout dan SOP merchandising Anda harus merinci bagaimana barang dagangan akan muncul di toko Anda. Seharusnya menjawab pertanyaan seperti: Bagaimana seharusnya item ditampilkan di lantai dan perlengkapan apa yang dapat Anda gunakan? Haruskah celana dilipat atau digantung? Seberapa sering Anda harus memperbarui tata letak dan tampilan Anda?

turboly.com