10 Tips Memilih Sistem ERP Untuk Usaha Kecil

image

Manfaat Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) tidak hanya berguna bagi perusahaan besar, bagi perusahaan kecil dan menengah pun akan sangat terbantu jika mengimplementasikan Sistem ERP untuk membantu proses operasional bisnisnya. Sistem ERP akan membantu mengotomatisasi proses bisnis mulai dari front-end ke backend dan mempercepat pertumbuhan bisnisnya.

Namun perlu diingat, dalam memilih Sistem ERP perlu disesuaikan dengan jenis bisnisnya. Sistem ERP memiliki keunikan fungsi berbeda-beda bagi setiap industrinya. JIka sampai salah memilih maka Sistem ERP bukan membantu namun akan menjadi sangat menyusahkan dan yang lebih parah, sistem itu ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan perusahaan dan menyebabkan investasi sia-sia.

Sistem ERP dapat melakukan lebih dari sekadar memenuhi kebutuhan bisnis dasar. Ini bisa menjadi alat vital untuk meningkatkan daya saing, mengurangi stres karyawan dan meningkatkan laba. Berikut adalah 10 langkah yang harus dilakukan dalam memilih Sistem ERP :

  • Tentukan rencana strategis untuk bisnis Anda, termasuk visi untuk masa depan dan rencana tindakan untuk mencapainya. Ini akan membantu Anda memahami apa kebutuhan teknologi Anda dan berapa banyak uang yang dapat Anda investasikan untuk mencapainya.
  • Buat inventaris teknologi yang ada. Kemudian, buat daftar masalah dengan sistem Anda saat ini dan peluang untuk peningkatan. Sangat mungkin sistem Anda yang ada dapat dikonfigurasi ulang atau ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan Anda.
  • Buat daftar lengkap persyaratan untuk sistem baru. “Penilaian kebutuhan” ini harus berdasarkan pada rencana strategis Anda. Berikan bobot pada setiap persyaratan berdasarkan kepentingannya dalam rencana strategis. Pastikan untuk memasukkan elemen implementasi, termasuk pelatihan karyawan dan rekayasa ulang proses bisnis Anda jika perlu. Cari bantuan konsultan luar sesuai kebutuhan.
  • Menilai potensi biaya dan menentukan sumber daya keuangan dan manusia yang tersedia untuk mencapainya.
  • Tentukan beberapa kandidat Sistem ERP yang akan digunakan sesuai dengan bisnis. Jangan ragu untuk meminta proposal penawaran lengkap dengan SisteKirim calon vendor permintaan proposal berdasarkan penilaian kebutuhan Anda.
  • Nilai beberapa pilihan Sistem ERP, pastikan mereka bisa memenuhi 80-90% kebutuhan. Karena tidak ada suatu Sistem ERP yang akan bisa memenuhi 100% kebutuhan, namun selalu pertimbangkan yang bisa memenuhi >⅔ kebutuhan.
  • Jangan ragu undang vendor Sistem ERP untuk mempresentasikan produk mereka. Buka ruang diskusi seberapa jauh mereka bisa memenuhi kebutuhan.
  • Libatkan karyawan/pengguna di seluruh proses untuk memastikan kebutuhan mereka terpenuhi dan karena merekalah yang akan lebih banyak mengoperasikan.
  • Dengan bantuan karyawan Anda, kembangkan “action plan” untuk menerapkan sistem.
  • Pantau implementasi dan dampaknya.

Baca Juga : Naik Kelas Dengan Sistem ERP

turboly.com