Enterprise Resource Planning

image

Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) seperti yang kita ketahui sudah ada sejak tahun 1990-an: Dengan perkembangan teknologi cloud dan internet memberikan dampak yang cukup signifikan bagi Sistem ERP dengan munculnya Cloud ERP. Ada sebuah penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan Sistem ERP on-premise mengalami penurunan sedangkan pengguna Cloud ERP yang semakin meningkat. Hal ini masih belum bisa menyatakan bahwa usia Sistem ERP on-premise sudah mulai habis, karena kembali lagi kepada kebutuhan penggunannya. Tetapi bagaimanapun bentuknya on-premise atau cloud ERP, sistem ERP begitu krusial bagi perusahaan. Mengapa demikian?

Fleksibilitas

Banyak yang telah berubah dalam lima tahun terakhir karena cloud ERP telah menjadi lebih umum, tetapi dasar-dasar apa yang orang inginkan dari sistem ERP tetap sama. Pemilik bisnis masih menginginkan cara-cara yang dapat diandalkan dan terintegrasi untuk mengelola sumber daya, tetapi ini sekarang merupakan fitur, bukan fitur. Fokus kini telah bergeser ke pengurangan biaya TI dan mencapai fleksibilitas yang lebih besar.

Misalnya, jika Anda ingin mengubah customer relationship management (CRM) atau software eCommerce Anda, Anda perlu tahu bahwa sistem ERP Anda dapat dengan mudah diintegrasikan. Jika tidak, Anda berisiko mengalami fragmentasi data dan kurangnya keseluruhan visibilitas.

Kegunaan

Fleksibilitas juga terhalang oleh akses. Tidak seperti solusi ERP berbasis cloud, sistem on-premise hanya dapat diakses di website. Perilaku manusia berubah dengan peningkatan teknologi; kita tidak bisa lagi menunggu jawaban dan menuntut informasi instan di ujung jari kita. Inilah sebabnya mengapa banyak pemimpin bisnis menemukan bahwa sistem ERP di tempat mereka tidak lagi cocok untuk pekerjaan itu.

Faktanya, fleksibilitas yang ditawarkan perangkat lunak ERP berbasis cloud kepada para pengguna adalah salah satu alasan mengapa perangkat lunak ini begitu populer. Informasi dapat diakses dari jarak jauh, dari mana saja dengan koneksi internet - bahkan melalui smartphone atau tablet. Ini memberi pengguna ketenangan pikiran, mengetahui bahwa tinjauan umum lengkap dapat dihasilkan dengan satu sentuhan tombol.

Selain itu, cloud dirancang khusus untuk interoperabilitas yang mudah, yang menambahkan opsi untuk penggunaan produk tambahan saat ini atau di masa depan. Tidak mungkin ada kekhawatiran interoperabilitas jika perubahan perlu diterapkan pada perangkat keras atau perangkat lunak. Lebih penting lagi, sistem cloud ERP benar-benar dapat diskalakan dan dapat tumbuh bersama bisnis.

Biaya

Sering kali ada keengganan untuk memutakhirkan sistem ERP yang usang karena banyak investasi telah tenggelam ke dalam infrastruktur dan pemeliharaannya. Selain itu, memutakhirkan sistem ERP on-premise yang sangat tersesuaikan adalah proses yang sulit dan tepat waktu, yang sering menyebabkan mereka hanya dibiarkan begitu saja sampai menjadi benar-benar ketinggalan zaman.

Investasi awal yang diperlukan untuk menerapkan sistem ERP di lokasi - perangkat keras, fasilitas, dan pelatihan staf - dapat dipahami cukup besar. Biaya-biaya ini diperburuk jika bisnis tidak memiliki keterampilan TI yang diperlukan.

Sebaliknya, sistem cloud ERP jauh lebih hemat biaya. Alih-alih biaya dimuka yang besar untuk hal-hal seperti server, lisensi perangkat keras dan perangkat lunak terkait, anggaran disebar secara bulanan atau tahunan. Selain itu, solusi cloud ERP dikelola dan dihosting oleh vendor, yang berarti Anda tidak perlu mengatur atau memasang perangkat keras atau perangkat lunak apa pun - membebaskan ruang fisik di gedung Anda dan mengurangi tagihan listrik.

Salah satu kelebihan terbesar cloud ERP adalah bahwa peningkatan dan pemeliharaan diurus oleh vendor. Tidak perlu bagi tim TI perusahaan untuk menghabiskan waktu berminggu-minggu memperbaiki sistem, untuk kemudian harus melalui proses itu lagi beberapa bulan ke depan.

Sistem ERP On-Premise: Warisan

Tampaknya hari-hari sistem ERP terintegrasi di tempat diberi nomor. Kurangnya fleksibilitas, kegunaan dan efektivitas biaya membuat sistem ERP on-premise. Sebagai gantinya, perusahaan beralih ke solusi Cloud ERP yang memberikan fungsionalitas dan fleksibilitas yang luas.

turboly.com