Manajemen Arus Kas

image

Manajemen arus kas yang tepat adalah salah strategi bisnis untuk mendukung kesuksesan perusahaan dalam jangka panjang. Tapi, mengelola bukan merupakan pekerjaan yang mudah dan dapat menjadi salah satu tantangan terbesar bagi perusahaan.

Berikut ini beberapa kiat dari para pakar tentang cara mengelola arus kas Anda.

1. Pinjaman Modal

Waktu terbaik untuk menyelesaikan masalah arus kas adalah sebelum hal itu terjadi. Jika bisnis sedang berjalan dengan lancar atau masih dalam tahap awal produksi, beberapa pendapat menyatakan bahwa itulah saatnya untuk melakukan pinjaman modal. Mengapa demikian? Alasannya adalah kondisi perusahaan sedang bagus, sehingga kemungkinan besar akan diterima dibandingkan jika mengajukan saat kondisi perusahaan sedang menurun. Dana yang didapatkan bisa untuk belanja modal ekspansi perusahaan atau untuk dana cadangan, hutang tidak akan merugikan selama bijak dalam penggunaannya.

2. Review Proses Operasional

Selalu review struktur biaya yang dikeluarkan perusahaan, hal ini dimaksudkan untuk menemukan celah efisiensi dan implementasi yang mungkin dapat dimodifikasi untuk meningkatkan penghematan. Identifikasi bagian-bagian dari operasi yang mungkin dapat di-outsourcing-kan kepada penyedia pihak ketiga. Operasional bisnis tertentu dapat dievaluasi kembali dan diperbarui untuk efisiensi. Ketika ekonomi berubah, strategi bisnis juga akan berubah. Penting untuk selalu mencari cara untuk meningkatkan produk dan layanan serta berinvestasi dalam solusi yang lebih cerdas.

3. Merestrukturisasi Pembayaran

Merestrukturisasi pembayaran hutang ke supplier untuk menciptakan keseimbangan aliran kas di perusahaan. Jika tidak dapat merestrukturisasi tanggal pembayaran, pertimbangkan merestrukturisasi biaya pembayaran. Kemudian lakukan juga rekstrukturisasi proses penagihan piutang juga merupakan tindakan yang diperlukan. Atur proses penagihan berkelanjutan untuk mengingatkan kembali piutang kapan dan jatuh temponya. Kontrol yang lemah atas pembayaran dan piutang bisa menjadi bom waktu yang kapan saja bisa meledak.

4. Manfaatkan Teknologi

Untuk mendukung pertumbuhan perusahaan, jangan sampai mengabaikan kemajuan teknologi. Solusi seperti Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) dapat merampingkan proses bisnis dan meningkatkan efisiensi. Teknologi yang tepat dan strategi bisnis yang tepat dapat membuat perbedaan besar bagi perusahaan. Meskipun teknologi dapat membantu dengan semua bidang dalam perusahaan, namun kami merekomendasikan gunakan Sistem ERP yang memang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran.

Pada akhirnya, tujuan sebuah bisnis adalah memastikan pendapatan melebihi pengeluaran dan menghasilkan laba. Mengelola arus kas sangat penting untuk menjalankan bisnis yang menguntungkan dalam jangka panjang.

Baca juga : Cara Mengelola Keuangan Perusahaan Secara Efektif

turboly.com