Bagaimana Manfaat Software ERP dan CRM Dalam Bisnis?

Solusi Customer Relationship Management (CRM) membantu merampingkan proses dan meningkatkan profitabilitas dan layanan kepada pelanggan. Software Enterprise Resource Planning (ERP) mengintegrasikan proses bisnis mulai dari keuangan, SDM, distribusi, manufaktur, dan departemen bisnis lainnya. Gabungkan keduanya, akan menimbulkan dampak yang dahsyat dalam meningkatkan proses penjualan, lebih akurat analisa produk, dan data yang dihasilkan secara akurat dan terpusat.

Untuk Produsen

Perlu diketahui bahwa solusi CRM tidak hanya untuk manajemen pelanggan, lebih daripada itu. Dengan mengintegrasikan software CRM dengan sistem ERP, sebuah perusahaan dapat memperoleh solusi canggih untuk merampingkan hubungan antara sales, back office, dan operasional dalam 1 solusi.

Integrasi data semacam ini menambah efisiensi baru dalam operasi bisnis. Informasi terbaru tentang ketersediaan produk, yang disediakan oleh sistem ERP, dapat menghasilkan tanggal pengiriman yang lebih akurat, yang kemudian dapat memberikan peluang untuk pesanan kilat jika pelanggan perlu menerima pesanan lebih cepat. Ini dapat sangat meningkatkan hubungan perusahaan / pelanggan. Pelanggan yang bahagia adalah pelanggan yang kembali.

Untuk Sales Person

Dari sudut pandang sales person, alat CRM memberi mereka gambaran yang lebih baik tentang champaign mana yang berhasil dan efektif, sementara sistem ERP mengungkapkan produk dengan penjualan tertinggi. Kombinasikan data ini, dan operasi dapat memperkirakan permintaan produk dengan lebih akurat. Ini penting karena memiliki persediaan terlalu sedikit atau terlalu banyak berdampak pada keuangan perusahaan.

Ketika sales person memiliki akses histori pembelian pelanggan dari sistem ERP, sesuai dengan data pelanggan dari alat CRM, mereka memiliki peluang lebih baik untuk meningkatkan penjualan. Integrasi ERP / CRM menyediakan sales person dengan semua informasi yang diperlukan bahkan sebelum menjangkau pelanggan. Ini tidak hanya mempercepat proses pengumpulan, tetapi juga memastikan promo-promo yang dilakukan atas dasar data yang akurat.

Melalui sudut pandang CRM, nilai utamanya adalah membantu perusahaan mendatangkan pelanggan baru, menyediakan struktur dan proses untuk mengubah prospek menjadi prospek, penawaran, dan peluang penjualan. Secara keseluruhan, ketika integrasi ERP / CRM ini berjalan dengan baik, alur kerja akan berjalan dengan baik dan efektif karena proses ini menghilangkan pekerjaan manual dan hanya bekerja dalam 1 platform.

Baca Juga : STRATEGIC PLANNING DENGAN SISTEM ERP

www.turboly.com