Cara Mendapatkan Manfaat dari Sistem ERP Anda

image

Mengimplementasikan sistem Enterprise Resource Planning (ERP) adalah investasi besar untuk perusahaan apa pun. Dalam potensi penuhnya, sistem ERP dapat meningkatkan kualitas dan efisiensi, mengurangi biaya dan kesalahan, dan meningkatkan produktivitas dan keuntungan bisnis - semuanya sambil meningkatkan layanan pelanggan.

Mendapatkan hasil maksimal dari Sistem ERP melibatkan lebih dari sekadar memilikinya dan karena ini merupakan investasi yang besar, penting untuk mengetahui cara memanfaatkan sistem ERP untuk memastikan kita mendapatkan semua manfaatnya. Dalam hal ini, kami telah memberikan beberapa kiat utama untuk mendapatkan hasil maksimal dari sistem ERP Anda.

1. Review Proses dan Rencana Bisnis Anda untuk Perubahan

Review proses bisnis secara periodik adalah cara yang baik untuk mengetahui apakah Sistem ERP yang kita gunakan masih relevan atau tidak dan bagaimana vendor Sistem ERP memberikan respon atas transformasi atau perubahan. Jika nantinya ditemukan sesuatu dalam sistem ERP Anda yang sudah tidak relevan diperlukan cara untuk mengidentifikasi sedini mungkin agar tidak menggangu proses bisnis yang berjalan.

2. Rutin Mengadakan Pelatihan

Jangan pernah meremehkan pelatihan bagi pengguna Sistem ERP. Karena kunci keberhasilan Sistem ERP dalam suatu perusahaan ditentukan oleh kemampuan penggunanya, semakin terlatih dan fasih pengguna dalam operasionalnya maka tingkat keberhasilan sistem akan menjadi tinggi. Tinggalkan pikiran sekali pelatihan akan selesai, ingat Sistem ERP selalu berkembang dan selalu komunikasikan dengan vendor mengenai perubahan ini.

3. Upgrade Fitur

Software ERP biasanya terus dikembangkan berdasarkan feedback dari penggunanya atau kebutuhan pasar. Menjaga sistem ERP Anda tetap terupdate adalah salah satu cara untuk mencapai hal ini. Pilih vendor ERP yang selalu menawarkan peningkatan dan peningkatan yang konsisten, dan kita juga jangan malas untuk me-review proses yang berjalan di perusahaan.

4. Manfaatkan Kemampuan Integrasi

Integrasi Sistem ERP adalah kunci efisiensi operasional. Beberapa contoh khas alat integrasi dalam sistem ERP dalam industri ritel meliputi: Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM), Online Sistem, Manajemen Gudang (WMS). Solusi ini dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem ERP jika Sistem ERP yang kita gunakan belum memilikinya. Sistem ERP terintegrasi tidak hanya meningkatkan efisiensi operasi, tetapi juga mengurangi inkonsistensi data dan memberikan visibilitas ke data di semua sistem dari satu basis data yang dilokalkan.

5. Selalu Online

Manfaatkan perkembangan Sistem ERP berbasis cloud, karena memberikan visibilitas dan transparansi data secara realtime. Ini akan memungkinkan manajemen atau karyawan tertentu untuk mengakses informasi penting tanpa harus secara fisik berada di kantor.

Baca juga : ENTERPRISE RESOURCES PLANNING

turboly.com