MENGHEMAT WAKTU PENJUALAN DENGAN SOFTWARE RETAIL

image

Bagi peritel, waktu adalah uang. Semakin banyak menjual dalam waktu singkat akan lebih menyenangkan. Lalu, bagaimanakan caranya agar penjualan retail dapat lebih meningkat tanpa banyak membuang-buang waktu?

  • Kelola Bisnis Secara Tepat. Saat ini, ada banyak Software Retail yang dapat digunakan untuk memudahkan mengelola bisnis retail di satu tempat. Pengunaan Software Retail yang terintegrasi akan memudahkan operasional bisnis sekaligus mengontrol penjualan dengan mudah. Tetapi, tidak semua Software Retail memiliki fitur yang dapat memenuhi kebutuhan kita 100% tapi yang pasti minimal dasar kebutuhan operasional bisnis kita terpenuhi. Pastikan software retail yang akan kita gunakan dapat terintegrasi dengan mudah dan dapat memenuhi kebutuhan bisnis sehari-hari. Berikut ini adalah beberapa strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan dengan Software Retail,

  • Integrasi dengan Software Akuntasi. Dengan mengintegrasikan Point of Sale dan Software Akuntansi, total penjualan dapat diketahui secara otomatis, harga pokok penjualan dan otomatisasi rekonsiliasi pembayaran dapat dilakukan dengan mudah yang pastinya akan mengurangi entri data manual dan meminimalisir human error.

  • Email Promosi. Integrasi tools email marketing dan software retail dapat digunakan untuk menjangkau banyak pelanggan dalam waktu yang singkat dan lebih mudah. Tak lupa, gunakan CRM dan data penjualannya, baik dari dalam toko (offline) maupun online. Segmentasi pelanggan dan proses pengiriman email ke pelanggan dapat dilakukan secara otomatis berdasarkan perilaku belanja, pembelian sebelumnya, preferensi merek, dan demografi.

  • Integrasi Distributor dan Supplier. Jika integrasi ini dapat berjalan, maka akan banyak keutungan yang kita dapatkan misalnya : import katalog produk dari supplier dan setelah itu, secara otomatis kita dapat membuat dan mengirim pesanan pembelian (purchase order) secara otomatis ke supplier berdasarkan tingkat stok minimum dan maksimum yang telah ditentukan di Sistem Inventory.

  • Multi Channel Selling. Munculnya berbagai marketplace online di Indonesia saat ini, harus dimanfaatkan dengan baik oleh pebisnis retail agar tetap dapat bersaing. Mulailah memasarkan di berbagai marketplace online atau e-commerce yang ada serta integrasikan dengan Software Point of Sale yang kita gunakan sehingga penjualan dari marketplace ataupun ecommerce dapat secara otomatis terhubung dengan Software Point of Sale tanpa perlu melakukan input ulang dan keuntungan integrasi ini adalah tingkat persediaan di secara offline dan online akan tetap sama.

Baca juga : Manfaat Software ERP Untuk Mengelola Aktiva Tetap

turboly.com