Mudahnya Menentukan Strategi Bisnis Melalui Sistem POS

image

Sistem Point of Sales (POS) adalah dasar kesuksesan bisnis ritel. Mengapa demikian? Karena Sistem POS memberikan semua kebutuhan dalam bisnis baik dari sisi operasional, hingga ke pelaporan. Berikut adalah beberapa alasan Sistem POS merupakan alat yang penting dalam menentukan strategi bisnis.

Ketepatan

Dalam bisnis apapun semua melibatkan angka, penanganan pelanggan, dan juga produk pada saat yang bersamaan. Jika harus menangani semuanya sekaligus secara manual dapat akan rentan datangnya kesalahan. Dengan Sistem POS, mengelola semua itu hanya dalam satu tempat, mudah dan sangat meminimalisir kesalahan.

Analisis

Data adalah angka yang berbeda dan tidak memiliki tujuan tanpa keterlibatan analitik yang kuat. Sistem POS akan menghasilkan sistem pelaporan, yang dapat mengekstraksi informasi serupa yang dapat mengungkapkan tren, kekuatan, kelemahan, dan solusi. Fitur analitik dari sistem POS dapat memberikan wawasan bermanfaat yang akan dapat memandu keputusan bisnis.

Konektivitas

Mengelola penjualan multi store akan sangat mudah dengan Sistem POS berbasis cloud. Sistem POS berbasis cloud memiliki kemampuan jaringan, yang memungkinkan sistem untuk terhubung dan berkomunikasi satu sama lain untuk melacak penjualan dan pergerakan barang dari lokasi mana pun.

Keamanan

Ini adalah manfaat unik dari Sistem POS yang berbasis cloud dibandingkan dengan software penjualan lainnya karena menawarkan pelaporan SKU yang lebih realtime dan dapat mengikuti periode waktu, promosi. Selain itu akses staff juga dapat dikontrol meskipun secara online.

Terjangkau

Sistem POS saat ini menyediakan solusi berbasis cloud dan jika membandingkannya dengan aplikasi lain dan perangkat lunak produktivitas bisnis, harganya relatif lebih murah karena ada yang menawarkan pembayaran berbasis sewa bulanan. Mempertimbangkan ada banyak sistem berbasis mcloud, fitur-fitur program toko dapat dibuat untuk menyesuaikan kebutuhan bisnis – terutama ketika menyangkut bisnis grosir.

Dengan semua manfaat ini, tentu saja, tidak ada akhir di sana. Masih ada beberapa keuntungan yang dapat dihasilkan ketika mengadaptasi Software POS atau sistem POS, tetapi dapat diringkas dalam 3 bagian – efisiensi, akurasi, dan konsistensi. Ini semua penting ketika datang untuk menjalankan bisnis grosir Anda. Mari kita jelajahi masing-masing.

1. Efisiensi

Ada banyak resiko kesalahan yang terjadi jika menjalankan bisnis masih manual. Nah, hal inilah yang dapat diminimalisir bahkan dihilangkan dengan menggunakan sistem POS. Tidak hanya menghilangkan kesalahan yang dilakukan melalui proses manual dan tradisional, tetapi juga dapat mengurangi waktu yang dihabiskan karena semuanya akan secara otomatis diperbarui dan diperiksa. Menyelesaikan keseluruhan transaksi hanya membutuhkan beberapa detik atau menit, yang berarti perputaran yang lebih cepat dan lebih banyak pelanggan yang dilayani.

2. Akurat

Sistem POS dapat melacak aktivitas karyawan karena mereka semua diberi kode ID unik; dapat mengelola stok; melakukan aktiftas keuangan dan pencatatan akuntansi yang akurat yang akan menghasilkan laporan laporan keuangan yang akurat. Selain itu dari sisi penjualan Sistem POS dapat mengidentifikasi tren penjualan dan pola permintaan produk musiman; dan banyak lagi. Semuanya dilakukan dengan akurat. Bahkan, tidak ada ruang untuk kesalahan. Selain itu, ketika kita meliput karyawan, ini akan mencegah karyawan yang tidak jujur.

3. Konsistensi

Ini adalah bagian yang memberikan tantangan besar bagi bisnis apa pun, terutama ketika memiliki beberapa cabang, gudang, atau outlet di lokasi yang berbeda – dengan harga produk yang konsisten di semua lokasi. Ini mudah diurus oleh program toko karena memungkinkan pemilik atau manajer bisnis untuk mengakses semua produk digital dalam database di mana mereka dapat mengubah harga atau penawaran khusus dan setelah perubahan diterapkan, itu akan secara otomatis mengisi perubahan pada semua jaringan dengan sekali jalan.

Baca juga : TENTUKAN STRATEGI PERSEDIAAN UNTUK MENGHEMAT WAKTU DAN BIAYA

turboly.com