Perjalanan Transformasi Digital:Apakah Sistem ERP Anda Menghambat Anda?

image

Transformasi digital seharusnya tidak menjadi sesuatu yang menakutkan, karena ini adalah proses yang memang harus dihadapi. Hal ini tidak selalu berhubungan dengan hal teknis karena kita semua bisa terlibat dalam transformasi digital ini mengingat hampir semua perangkat saat ini terhubung satu sama lain melalui internet.

Transformasi digital mengacu pada adopsi proses dan alat digital untuk mencapai tujuan bisnis yang strategis salah satunya adalah Sistem ERP. Ini adalah proses yang kompleks dan beragam yang mewakili perubahan budaya besar-besaran di perusahaan dan perubahan yang mempengaruhi setiap bagiannya.

Beberapa skenario mungkin akan menimbulkan peringatan untuk mengevaluasi strategi transformasi digital dalam perusahaan. Selanjutnya, memutuskan untuk memperbarui atau mengimplementasikan solusi ERP.

Keputusan bisnis berdasarkan data

Pertumbuahan dalam bisnis ritel ataupun bisnis lain, bereaksi terhadap perubahan kondisi pasar sangatlah penting karena itu merupakan fungsi dari bisnis yang modern. Bertindak berdasarkan informasi atau data sangatlah penting. Transformasi digital adalah Sistem ERP dimana tempat data dikumpulkan dari berbagai bagian ke dalam satu platform untuk dapat menghasilkan laporan yang akurat dalam mendukung pertumbuhan bisnis. Sistem ERP sendiri saat ini telah bertransformasi dari on-premise dalam opsi lain yaitu Sistem Cloud ERP. Opsi berbasis cloud biasanya memiliki biaya dimuka yang lebih rendah. Namun, keberhasilan penyebaran bergantung pada kemampuan ketersediaan koneksi internet yang cepat dan konsisten. Di sisi lain, solusi on-premise bisa dibilang lebih aman karena perangkat keras dipasang secara lokal dan dapat lebih dipantau dengan cermat. Ada banyak perbandingan lain di antara keduanya yang akan Anda pertimbangkan saat menyusun persyaratan.

Data kolektif

Transformasi bisnis hanya akan menghasilkan dengan alat yang tepat untuk melakukan pekerjaan secara efektif dan efisien. Jika suatu bisnis sudah menggunakan Sistem ERP dan setelah dianalisa kurang efisien, diperlukan peningkatan Software ERP versi terbaru untuk penyelarasan dengan strategi dan tujuan bisnis. Peningkatan Sistem ERP akan diikuti dengan alur kerja yang lebih singkat namun efisien serta akan memungkinkan sebuah bisnis untuk menghubungkan antar orang (bagian), data, dan proses untuk dapat menyelesaikan pekerjaan dengan lebih produktif dan cepat serta akan menghemat biaya.

Data tidak konsisten

Data yang tidak konsisten membuat keraguan dalam membuat keputusan bisnis yang penting. Sistem ERP memungkinkan pengambilan dan pelaporan data secara sistematis serta menghasilkan data yang akurat. Dalam implementasinya transformasi digital bukanlah sesuatu yang harus dilakukan oleh departemen TI atau hal teknis saja, karena semua staff berperan dalam keberhasilan dalam menghasilkan data yang akurat.

Transformasi digital memungkinkan banyak perusahaan menengah lebih berkembang sama halnya dengan perusahaan yang sudah mapan. Tinggal bagaimana kita menyikapi perubahan ini, solusi teknologi sudah tersedia hanya perlu memanfaatkannya dengan cara yang benar dalam bisnis.

Baca juga : 5 TANDA MEMBUTUHKAN SISTEM ERP BARU

turboly.com