Ajukan Pertanyaan Ini Sebelum Menentukan Sistem ERP

image

Menerapkan sistem ERP bukanlah tugas kecil, membutuhkan banyak waktu dan sumber daya dan biaya. Karena sistem ERP sangat luas dan penerapannya sangat kompleks, ada banyak pertanyaan yang sering diajukan. Dari keingintahuan implementasi hingga pertanyaan tentang evaluasi software, berikut adalah pertanyaan yang harus ditanyakan selama mencari solusi ERP

1. Apa Saja Jenis Fitur dan Pelatihan yang Tawarkan?

Sistem ERP memiliki fungsi untuk membantu operasional bisnis menjadi lebih efektif dan efisien. Maka kita wajib tahu fitur apa saja yang dimiliki dan berapa lama pelatihan yang diberikan. Pastikan fitur yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kita dan pastikan bahwa vendor memiliki kebijakan yang “lunak” dalam hal pelatihan dan pengembangan fitur. Jangan lanjutkan diskusi jika vendor terlalu mengada-ada dan tidak bisa memberikan solusi atas masalah kita.

2. Biaya

Implementasi ERP membutuhkan biaya yang tinggi. Maka dari itu, untuk mengindari adanya overbudget tanyakan kepada vendor Sistem ERP mengenai rincian biaya ketika mulai mengimplementasikan Sistem ERP. Jika ada pilihan, pilihan vendor yang memberikan tagihan fixed-fee. Dengan cara ini kita dapat memprediksikan berapa banyak biaya yang harus kita siapkan dalam implementasi Sistem ERP, jangan sampai ada biaya-biaya siluman yang nantinya akan memberatkan dibelakang.

3. Apakah software Memenuhi Kebutuhan Bisnis Saya?

Mungkin pertanyaan paling penting dalam daftar ini, dan untuk alasan yang jelas. Sistem ERP memiliki fungsi dan keunggulan yang berbeda-beda. Tantangannya adalah menemukan sistem yang berfungsi sesuai dengan kebutuhan. Jika akan menemukan sistem ERP yang tepat, maka jangan segan untuk mendiskusikan dengan vendor megenai kebutuhan Sistem ERP kita.

4. Ingat untuk Meminta Referensi

Tentu saja vendor software akan mengatakan bahwa mereka adalah yang terbaik … Mengapa tidak? harus yakin untuk meminta beberapa referensi tambahan dari pelanggan sebelumnya. Ini benar-benar akan menguji klaim mereka. Lihat apakah pelanggan sebelumnya memiliki masalah dengan software itu sendiri atau dengan dukungan apa pun. Jika meminta referensi, mintalah beberapa dari perusahaan yang tidak terlalu berbeda dari milik .

Baca Juga :5 ALASAN MENGAPA TOKO KOSMETIK BERALIH KE POS BERBASIS CLOUD

turboly.com