Fungsi Pokok Sistem POS

Ada beberapa komponen dalam bisnis ritel yang menggambarkan aktivitas setiap toko. Baik dari sisi penjualan, stok, customer, hingga kas. Jika dilihat prosesnya, operasional toko merupakan yang pertama. Operasional toko merupakan segala aktivitas yang benar-benar terjadi di toko, seperti penjualan, transaksi, dan lain-lain. Seluruh aktivitas ini dicatat dalam Sistem Point of Sale (POS). Sistem POS juga memiliki beberapa varian mulai dari Sistem POS manual (cash drawer), hingga yang lebih canggih ke POS Mobile yang biasanya digunakan pada speciality store dengan pelayanan yang lebih personal.

Selain itu, saat ini berkembang penjualan secara daring/ online. Mulai dari Website hingga marketplace. Jadi, ativitas operasional toko sebenarnya tetap ada namun secara fisik tidak ada customer yang datang ke toko. Namun aktivitas dibelakangnya (back office) tetap sama. Sistem POS saat ini sudah mendukung aktivitas penjualan secara online.

Fungsi Pokok Sistem POS yang kedua adalah proses distribusi barang. Bayangkan jika kita mengelola banyak toko dan gudang, tanpa Sistem POS kita akan kesulitan dalam melakukan analisa persediaan barang, penjualan dsb. Dengan Sistem POS yang terintegrasi memungkinkan kita mengelola banyak entity usaha multi-lokasi hanya dalam satu tempat.

Yang ketiga adalah berhubungan dengan customer atau pelanggan. Sistem POS akan menyimpan semua data pelanggan, termasuk kebiasaan mereka dilihat dari jenis barang yang dibeli. Jadi, apa fungsinya? Fungsinya lebih kepada fungsi marketing dan pelayanan. Dengan mengetahui kebiasaan pelanggan atau customer kita, kita bisa memberikan promo dan pelayanan kepada mereka secara personal. Misalnya kita bisa mengirimkan informasi email/ sms jika ada promo barang-barang yang biasa mereka beli atau sekedar memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada mereka. Karena secara manusiawi setiap pelanggan kita ingin selalu diperhatikan.

Keempat dan terakhir fungsi pokok Sistem POS adalah mengenai keuangan. Apapun transaksinya, baik penjualan di toko atau distribusi antar toko, penjualan antar toko, serta transfer antar toko, semuanya akan tercatat di keuangan yang sudah terintegrasikan dalam sistem POS. Sistem POS juga akan memberikan informasi posisi keuangan kita, mulai dari uang tunai yang kita terima hingga berapa nilai piutang dari transaksi penjualan di toko.

Baca Juga : Fitur Utama Sistem POS

www.turboly.com