Keuntungan Menggunakan Sistem Akuntansi

Ada berbagai keuntungan bagi perusahaan dalam menggunakan Sistem Akuntansi. Sistem Akuntansi bisa digunakan berdasarkan jenis industri yang kita jalankan, mulai dari perdagangan barang dan jasa hingga manufaktur. Salah satu alasan kita perlu menggunakan Sistem Akuntansi adalah laporan yang dihasilkan dapat menentukan dalam pengambilan keputusan untuk keesuksesan perusahaan.

Berikut beberapa keuntungan dari penggunaan Sistem Akuntansi:

1. Menghemat Waktu

Keuntungan yang paling penting dari penggunaan sistem akuntansi adalah kita bisa menghemat waktu dan tenaga dalam melakukan pencatatan. Dalam Sistem Akuntansi akan terintegrasi dengan semua bagian di perusahaan mulai dari penjualan hingga gudang dengan Sistem Akuntansi sebagai muaranya. Jadi, tidak ada proses manual dalam penggunaannya.

2. Lebih Efisien

Dalam pengolahan data menjadi sebuah laporan keuangan dapat dibuat dengan mudah. Dengan staff yang berpengalaman dan Sistem Akuntansi, maka indikasi - indikasi kesalahan dapat terdeteksi di awal dan evaluasi kondisi keuangan perusahaan pun dapat diketahui dengan singkat.

3. Pencatatan Hutang dan Piutang yang Lebih Akurat

Sistem Akuntansi memiliki salah satu modul keuangan yang biasanya berisikan fitur Piutang (A/R) dan Hutang (A/P). Modul ini memungkinkan kita mencatat piutang dan hutang secara akurat. Selain itu dengan pencatatan Hutang dan Piutang yang akurat, kita dapat dengan mudah mengetahui posisi keuangan kita. Dengan sistem akuntansi, kita dapat juga mengetahui umur dari Hutang dan Piutang kita melakukan Aging (analisa umur hutang/ piutang). Hal ini akan mengindarkan kita dari piutang tak tertagih atau terlambat pembayaran kepada supplier.

4. Meminimalisasi Risiko Kesalahan Pencatatan

Menggunakan Sistem Akuntansi akan meminimalisir kesalahan dalam pencatatan dibandingkan dengan proses manual. Selain itu juga Sistem Akuntansi saat ini juga dapat terintegrasi dengan Sistem Faktur Pajak, jadi resiko kesalahan dalam penginputan akan dapat diminimalisir sebaliknya keakuratan data menjadi sangat kuat.

Baca Juga : CASH FLOW MANAGEMENT,APA MANFAATNYA?

www.turboly.com