Kunci Sukses Penjualan Konsinyasi

Dalam bisnis ritel penjualan yang tinggi dengan margin yang baik merupakan tujuan utama. Baik itu untuk barang yang kita produksi sendiri ataupun untuk penjualan barang konsinyasi. Berikut ini adalah beberapa tips sukses penjualan konsinyasi yang bisa kita terapkan:

Memilih Partner dan Target yang Tepat

Dalam penjualan konsinyasi, kualitas partner sebagai pemilik barang adalah kunci. Pastikan kita cocok dengan kerjasama yang ditawarkan partner sebagai consignor dan juga pastikan mereka memiliki target pasar yang sama dengan visi kita. Jangan hanya tergiur dengan margin yang tinggi, tapi kita perlu memastikan apakah barang yang mereka sediakan memiliki kualitas yang baik dan memiliki target pasar yang jelas.

Manfaatkan Moment yang Tepat Untuk Menjual Produk

Salah satu faktor kesuksesan penjualan konsinyasi adalah tepat memanfaatkan event. Hal ini juga terkait dengan pemilihan partner, jangan ragu untuk bernegosiasi dengan partner konsinyasi saat ada event misalnya hari raya, tahun baru ataupun libur sekolah. Karena dalam event-event ini biasanya puncak penjualan bisa tercapai, maka negosiasikan dengan partner mengenai skema diskon, promo, dsb. Tidak ada salahnya kita memotong margin sendiri demi meningkatkan penjualan. Tentunya karena ini konsinyasi perlu di komunikasikan dengan partner consignor sebagai pemilik barang.

Terbuka Untuk Consignor Baru

Ada kalanya kita ingin melakukan penambahan toko atau partner bisnis agar bisnis semakin berkembang dan keuntungan juga meningkat. Namun sebelum mengembangkan bisnis, sebaiknya kita melakukan persiapan pada berbagai hal salah satunya adalah ketersediaan produk. Komunikasikan dengan partner consignor apakah mereka sanggup menyediakan produk untuk mendukung ekspansi bisnis yang kita rencanakan. Dalam penjualan konsinyasi, sangat lazim jika kita memiliki beberapa partner consignor, jadi tidak perlu ragu untuk selalu mencari partner-partner consignor yang baru.

Evaluasi

Evaluasi menjadi langkah wajib bagi kita yang ingin selalu bertumbuh. Review dari konsumen untuk kualitas produk merupakan salah satu caranya. Jika menurut konsumen kualitas produk yang kita jual buruk, komunikasikan dengan partner consignor, jika mereka tidak bisa memperbaiki tidak ada salahnya kita melepas kerjasama dengan partner consignor tersebut.

Sistem POS

Dalam menjalankan bisnis konsinyasi salah satu alat yang penting adalah Sistem Point of Sale (POS). Sistem POS akan membantu kita mencatat penjualan barang dari masing-masing partner consignor dan secara otomatis akan memberikan informasi berapa nilai penjualan dari masing-masing consignor. Untuk beberapa Sistem POS seperti Turboly dapat secara otomatis mencatatkan Hutang konsinyasi pada akhir periode. Jadi, tidak ada lagi proses manual yang menyita waktu.

Baca Juga : INI DIA UNTUNG RUGI PENJUALAN KONSINYASI

www.turboly.com