Penyebab Terjadinya Selisih Saat Stock Opname

Persediaan merupakan salah satu aset perusahaan yang sangat penting dan harus dikelola dengan baik. Banyak tantangan dalam usaha untuk mengelola persediaan dan ini bukanlah hal yang mudah, karena mengelola persediaan bukan hanya sekedar pencatatan namun juga secara fisik harus sesuai/ cocok. Di dalam megelola persediaan baik di gudang/ toko digudang ini dikenal dengan istilah Inventory Management atau manajemen persediaan.

Banyak perusahaan yang meskipun sudah menggunakan Sistem Inventory tetap mengalami kendala dalam mengatur stok baik di toko/ gudang. Namun jika hal ini diabaikan maka akan menimbulkan multiple effect bagi perusahaan. Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya selisih persediaan

Tidak Disiplin Menghitung Stok Fisik

Kebiasaan di banyak perusahaan adalah tidak disiplin/ jarang melakukan perhitungan fisik. Perlu diingat, kondisi barang di gudang tidak akan selalu dalam keadaan baik. Adakalanya barang akan menyusut, rusak atau hilang. Hal - hal seperti itulah yang bisa menyebabkan stok berbeda antara secara pencatatan dan fisiknya.

Pengelolaan Masih Manual

Pengelolaan stok gudang secara manual juga dapat menimbulkan masalah dalam pengelolaannya. Jika perusahaan menggunakan Sistem Inventory dalam pengelolaan stok di gudang atau toko akan lebih memudahkan dalam pencatatan dan perhitungannya. Dengan Sistem Inventory, pengelolaan stok akan menghemat waktu, praktis dan laporan akan lebih rapi terhindar dari human error.

Layout Penyimpanan yang Buruk

Jika dalam mengelola stok kita menerapkan layout yang tidak pas maka akan dapat menimbulkan permasalahan, baik dari sisi efisiensi ataupun kondisi barangnya. Selain itu, dengan penentuan layout dan susunan yang baik akan memudahkan menemukan barang yang ada di gudang, dan penggunaan ruang dapat maksimal atau efisien.

Tidak Melakukan Pencatatan

Pergerakan stok baik penerimaan ataupun pengeluaran barang yang tidak dicatat dengan benar maka akan berdampak pada stok barang. Jika hal ini dibiarkan dalam jangka waktu yang lama maka akan dapat menimbulkan permasalahan yang serius.

Barang Hilang

Jika perusahaan tidak menjual barang yang sudah lama ada di gudang akan terjadi kerusakan. Tidak hanya kerusakan tetapi barang tersebut bisa hilang saat ada di dalam gudang dengan waktu yang cukup lama.

Baca Juga : MENGELOLA PERSEDIAAN DENGAN SISTEM POINT OF SALE

www.turboly.com