4 Tantangan Teratas dalam Implementasi Cloud ERP

image

Dalam implementasi Sistem Cloud ERP perlu dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan. Tantangan utama dalam mengimplementasikan solusi Cloud ERP sedikit berbeda tergantung pada apakah implementasinya dari awal atau migrasi dari solusi yang ada ke versi cloud.

Berikut adalah tantangan utama untuk mengadopsi cloud ERP dan strategi yang saya rekomendasikan untuk mengatasi tantangan ini:

1. Mengidentifikasi Kebutuhan

Bagi banyak perusahaan saat akan mengimplentasikan Solusi Cloud ERP adalah mereka tidak mengetahui kebutuhannya. Terkadang hal penting seperti pemilihan Sistem ERP dilakukan tanpa pertimbangan yang matang dan hasilnya tidak seperti yang mereka bayangkan. Ada banyak solusi ERP dengan fungsi beragam baik untuk usaha menengah dan besar. Jadi, tentukan kebutuhan dan pastikan bahwa Solusi Cloud ERP sudah tepat dan bisa diterapkan.

2. Terlalu Banyak Customize

Customize atau kustomisasi Sistem ERP bagaikan pedang bermata dua. Jika tepat penerapannya akan sangat membantu namun jika tidak dan cenderung berlebihan maka akan sangat menggangu karena tidak ada standarisasi dalam pengembangannya. Lebih baik menggunakan Sistem ERP yang sudah baku dan memilki standart pada salah satu industri dibandingkan dengan memilh solusi yang benar-benar custom dan membangun baru yang tentunya akan banyak memakan waktu dan biaya. Ingat, suatu Sistem ERP yang stabil tidak akan dapat diciptakan dalam waktu singkat, jika suatu Sistem ERP sudah dapat memenuhi kebutuhan hingga 80% saja, itu sudah kemajuan yang luar biasa.

3. Penyesuaian SOP

Dalam implementasi Sistem ERP, selain penyesuaian sisi teknis juga diperlukan penyesuaian sisi operasional. Percaya atau tidak, peneysuaian di sisi operasional jauh lebih sukar karena menyangkut kebiasaan namun ini penting dilakukan saat bersamaan dengan implementasi Sistem ERP yang baru.

4. Onboarding dan Pelatihan

Memberikan pelatihan yang efektif adalah kunci. Kurang investasi dalam kegiatan ini adalah kesalahan fatal yang dilakukan banyak perusahaan. Jangan pernah melihat pelatihan sebagai investasi yang terbuang. Karena sukses tidaknya implementasi suatu Sistem ERP ditentukan dalam fase ini.

Baca juga : 10 Fitur Yang Harus Dimiliki Oleh Sistem ERP Retail

turboly.com