Biaya Operasional Toko Besar?Coba Hal ini

image

Menjalani bisnis retail membutuhkan biaya operasional yang tidak sedikit. Agar toko dapat beroperasi, harus mengeluarkan biaya untuk gaji karyawan, sewa tempat, maintenance, persediaan, iklan, dan lain-lain. memang tidak bisa menghilangkan biaya operasional , akan tetapi sangatlah mungkin untuk menguranginya. Ada beberapa cara yang bisa lakukan untuk menghemat pengeluaran bisnis tanpa harus mengorbankan kualitas produk . Simak tujuh tips berikut ini.

1. Pangkas Biaya Operasional yang Tidak Perlu

Sebagian besarnya biaya operasional mungkin dihabiskan untuk persediaan. Sebagai upaya untuk menghemat biaya persediaan, bisa terlebih dahulu mengecek persediaan dan membandingkan biaya pengeluarannya dengan keuntungan yang hasilkan dari barang-barang .

Dari situ, dapat mengetahui mana barang yang memberikan keuntungan dan mana barang yang tidak berkontribusi terhadap profit . Pastikan tidak menyimpan kelebihan barang atau barang yang tidak memiliki kegunaan. Jika menemukan barang yang kurang berguna namun selalu ada dalam daftar pembelian bulanan, maka sebaiknya berhenti membelinya sekarang juga.

2. Sewakan Ruang Kosong di Toko

Apakah memiliki ruang kosong di toko yang jarang digunakan? Jangan diamkan ruangan tersebut. Ruang tersebut mungkin bisa membantu membayar pengeluaran bulanan . Manfaatkan area-area kosong yang punya dengan menyewakannya ke orang lain. bisa menyewakannya sebagai ruang seminar, ruang rapat, studio, atau co-working space.

Bila memiliki ruangan kosong yang lumayan luas, pertimbangkan untuk menyewakannya ke pemilik bisnis lain. Misalnya, bisa menyewakannya ke pemilik butik atau coffee shop. Selain menambah penghasilan , mereka mungkin juga bisa meningkatkan penjualan dengan mendatangkan pelanggan-pelanggan baru ke toko . Ide yang cemerlang, bukan?

3. Menggabungkan Penjualan Offline dengan Online

Selain membantu mengurangi biaya operasional, membuka toko online juga akan membantu meningkatkan penjualan , sebab menurut penelitian, 82% orang akan mengecek produk yang mereka incar secara online sebelum mereka membelinya di toko.

Dengan menggabungkan online shop dan toko fisik, bisa menghemat penggunaan area di toko fisik . Ini bisa memungkinkan untuk menyewakan atau menjual area tersebut. Dan jika tidak sanggup membayar kontrak toko lagi, bisa sepenuhnya menjual produk di e-commerce. bisa sesekali membuka toko pop-up untuk mengizinkan pelanggan melihat dan mencoba produk secara langsung.

4. Buat Kesepakatan yang Lebih Baik dengan Supplier

Jika sudah menjadi pelanggan setia dari pemasok yang sama selama bertahun-tahun, maka bisa memanfaatkan hubungan bisnis yang langgeng tersebut untuk melakukan negosisasi.
bisa mencoba meminta harga diskon untuk produk yang beli atau biaya pengiriman. Tawarkan pembelian secara massal, karena biasanya pemasok akan memberikan harga spesial untuk pelanggan yang membeli dalam jumlah banyak. Pembelian masal juga bisa membantu mengurangi biaya supply bulanan .

Jika membeli barang melalui pemasok pihak ketiga (misalnya distributor), pertimbangkan untuk membeli barang dari produsennya langsung. Ini bisa membantu mendapatkan harga barang yang lebih baik sekaligus banyak informasi mengenai produk-produk mereka.

5. Otomatiskan Pekerjaan Manual

Cara efektif lain yang bisa lakukan untuk mengurangi biaya operasional adalah dengan mengimplementasikan Sistem ERP dalam bisnis retail. Meskipun membutuhkan biaya modal di awal, namun solusi otomatis terbukti ampuh dalam membantu menghemat biaya operasional suatu bisnis.

Menggunakan sistem otomatis seperti sistem ERP bisa membantu mengotomatiskan berbagai pekerjaan manual yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga. Ini artinya, tidak perlu menambah jumlah karyawan ketika bisnis retail semakin berkembang.

ERP untuk retail dapat mengelola berbagai aktivitas kompleks seperti penghitungan revenue, pengecekan persediaan, pembuatan invoice, melacak pengiriman, pembuatan laporan dan masih banyak lagi. Ini artinya, sistem ini tidak hanya bisa membantu mengurangi biaya operasional, tetapi juga meningkatkan efisiensi dan produktivitas bisnis .

Baca juga :Manfaat Software Erp Bagi UMKM

turboly.com