Grosir VS Retail

image

Perkembangan bisnis ritel yang semakin pesat sedikit banyak akan mempengaruhi bisnis grosir. Toko online, marketplace, dan berbagai platform online lain telah banyak merebut pasar dari usaha grosir.

Berikut adalah tips bagi pengusaha grosir untuk menghadapi persaingan dengan bisnis retail :

1. Ikut Masuk ke Usaha Ritel

Ya, salah satu cara untuk dapat menghadapi perkembangan ritel adalah dengan ikut terjun dalam industrinya. Tidak ada salahnya jika pengusaha grosir membuka lini bisnis baru dengan membuka usaha ritel, namun untuk tidak mematikan pengusaha ritel secara langsung tetap kita harus memegang komitmen dengan menerapkan harga yang tidak merusak pasaran dan jika memungkinkan buatlah segmen ritel sendiri.

2. Menjaga Hubungan Baik dengan Retailer

Pengecer atau retailer adalah bagian dari rantai distribusi barang dari produsen, grosir dan ritel. Karena ritel akan membeli barang dari grosir baru akan menjualnya ke pelanggan. Sebagai ujung rantai istribusi barang ke pelanggan, membangun hubungan yang baik dengan retailer tentu akan meningkatkan kerjasama yang baik juga akan meningkatkan penjualan dari bisnis grosir.

3. Ciptakan Sistem Pengiriman yang Baik

Memastikan pengiriman barang terlaksana dengan baik dan cepat tentu akan meningkatkan citra perusahaan di mata pelanggan, dan membuktikan kredibiltas distribusi barang yang baik.

Dengan menggunakan Sistem ERP yang dapat mengatur proses pengiriman barang secara baik, dan terotomatisasi sehingga dapat melacak tingkat persediaan, status barang secara real time, dan memberi peringatan ketika kekurangan stock, dsb. Sehingga secara otomatis akan meningkatkan jumlah penjualan bisnis grosir.

4. Lakukan Promosi

Untuk meningkatkan penjualan dalam bisnis grosir strategi kita adalah meningkatkan penjualan dari partner retailer. Jadi, tidak ada salahnya jika sebagai pengusahan grosir ikut membantu dalam promosi untuk mendukung penjualan ritel dari partner retailer. Cantumkan dimana saja retailer yang menjual produk kita. Sekarang ini proses seperti itu sudah cukup lazim dan sama-sama saling menguntungkan.

Baca juga :Kontrol Penjualan Wholesale Secara Efektif

turboly.com