Berbagai Jenis Sistem POS

image

Sistem Point of Sale (POS) menyediakan solusi bisnis ritel dengan kemampuan untuk memantau penjualan dan mengendalikan persediaan secara real time. Sistem POS dioperasikan pada perangkat seperti PC, Laptop, Tablet dan Smartphone dan didukung dengan peralatan khusus seperti printer, barcode scanner untuk mempercepat proses penjualan.

Fakta

Sistem POS tertua dan paling sederhana adalah mesin kasir, tetapi ada banyak batasan untuk memantau arus kas. Sistem POS memanfaatkan kemampuan basis data dan entri data tertentu untuk langsung mengkategorikan berdasarkan jenis, status pajak, dan persediaan. Dan langsung terintegrasi dengan sistem Customer Relationship Management (CRM) untuk mendukung program pemasaran dan mencatat riwayat pembelian pelanggan.

Keuntungan

Proses back-end Sistem POS standar terkini memungkinkan mengintegrasikan banyak program pihak ketiga seperti CRM, Payment Gateway, Ecommerce, dan logistik yang bertujuan untuk meningkatkan interaksi pelanggan dan menurunkan biaya.

Penargetan Segmen

Sistem POS juga membedakan diri melalui target pasar mereka: kebutuhan bisnis ritel bervariasi dari restoran, toko ritel atau hotel. Perbedaan ini ditangani melalui perangkat lunak khusus untuk setiap segmen pasar, yang meminimalkan kompleksitas dengan hanya menyajikan informasi bisnis yang relevan kepada setiap karyawan dan manajer dalam operasi bisnis.

Fitur

Sistem POS pada dasarnya adalah software berbasis data dengan Sistem Penjualan sebagai fitur utama yang bersifat universal. Sistem POS modern berkembang bukan hanya sebagai alat pencatatan penjualan melainkan juga berkembang ke product management, inventory management juga finance & accounting. Tampilan Sistem POS Modern yang simple namun pada berisi dibuat mudah untuk digunakan user.

Kesimpulan

Sistem POS sebuah software berbasis data yang dapat digunakan oleh berbagai jenis industri misalnya restaurant, ritel & perhotelan. Sistem POS akan mengolah data-data tersebut menjadi informasi yang berguna bagi perusahaan.

Baca juga :KEUNTUNGAN MENGGUNAKAN SOFTWARE DALAM USAHA RETAIL

turboly.com