Operasional Toko Dalam Berbagai Perspektif

image

Operasi ritel adalah bidang yang mempelajari semua mekanisme untuk menjaga toko berfungsi dengan baik. Ini mencakup kegiatan yang luas, mulai dari manajemen karyawan hingga logistik, tata letak toko, persediaan, produk dan harga.

Sebagian besar operasi ini pada dasarnya dieksekusi menggunakan Sistem Point of Sale (POS) yang digunakan pengecer di toko-toko dan back office. Oleh karena itu, mencapai keunggulan dalam operasi toko harian karenanya akan berbanding lurus dengan sistem yang diandalkan oleh bisnis.

Jika kita melihat sedikit lebih dalam operasi toko dan mencoba menentukan prioritas utama masing-masing, maka akan ditemukan beda jenis usaha retail akan memiliki perspektif yang berbeda-beda pula :

1. Pemilik bisnis ritel

Strategi adalah pilar pertama yang muncul di pikiran. Bukan hanya pelaksanaan prioritas hari ini, tetapi visi tentang bagaimana masa depan bagi bisnis, untuk memastikan siap untuk semua perubahan yang mungkin terjadi. Misalnya, Sistem POS yang digunakan perlu mendukung pertumbuhan bisnis yang diharapkan dalam jangka menengah hingga panjang. Sistem POS yang tepat dapat membantu pertumbuhan dengan cepat, sesuai dengan rencana strategi mereka. Sistem POS menjadi alat untuk kontrol seluruh aktivitas di toko dari sisi penjualan, persediaan dan pembayaran.

2. Kepala toko

Kepala toko adalah orang yang selalu ada di toko setiap hari. Dapat dikatakan bahwa kepala toko adalah orang yang sangat paham tentang seluk beluk operasional retail baik penjualan, persediaan , pengaturan kas hingga strategi marketing. Kepala toko memiliki otonomi khusus dari kantor pusat hal ini biasanya diberikan untuk mempermudah eksekusi strategi di lapangan namun tetap dengan approval dari kantor pusat. Dengan Sistem POS berbasis cloud mempermudah proses ini karena kantor pusat dimungkinkan untuk memantau dan memberikan persetujuan atas permintaan dari toko cabang. Selain itu, Sistem POS juga memiliki fitur untuk mengatur akses masing-masing staff dan kepala toko pun memiliki kemampuan memberikan hak akses karyawan dibawahnya. Sehingga semua dapat bekerja sesuai dengan peran masing-masing.

3. Staff Penjualan

Staff Penjualan, mereka sebagai bagian penting dari proses pengambilan keputusan pembelian, karena tanpa mereka sadari pelanggan akan membiarkan staff penjualan memengaruhi mereka saat memutuskan produk mana yang akan dibeli. Berdayakan staff penjualan dengan pengetahuan produk yang baik dan dukungan alat yang memadai misalnya Sistem POS Mobile. Selain itu, tawarkan insentif yang menarik untuk lebih memotivasi pekerjaan mereka.

Ada banyak aspek lain yang perlu diperhatikan ketika menjalankan operasi toko dewasa ini, seperti misalnya berbagai skenario omnichannel yang memanfaatkan Sistem POS yang modern dan fleksibel untuk memberikan pengalaman pelanggan yang lebih berkesan.

Baca Juga : Pengaruh Sistem ERP Bagi Perusahaan

turboly.com