Manfaat Pre-order untuk Retailer

image

Trend penjualan retail secara pre-order yang meningkat beberapa waktu terakhir menunjukkan bahwa pre-order mungkin lebih penting daripada sebelumnya. Penjualan retail baik online ataupun offline berupaya lebih keras untuk meningkatkan penjualan pre-order mereka, terutama pada hari pertama pesanan dapat dilakukan. Rata-rata, penjualan yang dilakukan pada hari pertama akan meningkat pada hari pertama Pre-Order dibuka. Bisa dibilang ini adalah strategi marketing yag berhasil dan biasanya sangat efektif untuk produk yang populer dan ekslusif.

Seperti dibahas pada artikel sebelumnya. Mengapa konsep penjualan pre-order meningkat dewasa ini adalah karena memanfaatkan sifat alamiah konsumen yang ingin selalu menjadi yang pertama dalam memiliki suatu produk yang eksklusif.

Jadi, apa saja keuntungan dari pre-order?

  • Menjamin penjualan produk dan pendapatan selama periode waktu tertentu.
  • Sebagai alat survei yang bermanfaat untuk menentukan permintaan produk dan perkirakan jumlah yang butuhkan untuk memenuhi permintaan.
  • Saat menggunakan pre-order, supplier/ penjual tidak perlu khawatir tentang stok yang tidak terjual.

Pre-order dapat digunakan secara efektif dalam industri ritel khususnya barang yang sifatnya ekslusif atau barang yang memiliki nilai jual tinggi seperti perhiasan, jam tangan dan smartphone. Jadi, untuk jika penjualan di toko kita masuk dalam kategori diatas, mungkin perlu mulai dipikirkan untuk menggunakan Sistem POS yang memiliki fitur Pre-Order

Baca juga : Strategi licik untuk meningkatkan penjualan

turboly.com