Dampak Sistem ERP Bagi Pelanggan

image

Jika kita menggunakan sistem ERP lama yang sama selama bertahun-tahun, dan seiring perkembangan ada proses yang harus dikerjakan manual karena Sistem ERP tidak diperbaharui, artinya Sistem ERP kita sudah ketinggalan jaman. Jadi, mengapa menghabiskan banyak waktu dan biaya untuk sistem ERP yang seperti ini?

Sebelum mengatakan tidak pada sistem baru, pikirkan bagaimana sistem ERP yang kita gunakan sekarang membantu dalam bisnis kita :

  • Ada berapa langkah untuk menyelesaikan masalah?
  • Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan suatu informasi data?
  • Berapa banyak proses antar bagian?
  • Apakah karyawan frustrasi dengan proses yang panjang?

Jika dari 4 pertanyaan diatas ada 2 saja bisa kita jawab, maka artinya kita mengalami ketidakefisienan dengan sistem ERP. Ketidakefisienan jika dibiarkan berlarut-larut akan sangat menggangu masa depan usaha kita. Hal ini disebabkan karena pelayanan pelanggan tidak dapat maksimal, contohnya dalam memberikan informasi tingkat persediaan terbaru, total tagihan mereka, dsb. Hal ini bisa menghambat pertumbuhan bisnis karena pelanggan merasa tidak dilayani dengan baik.

Banyak alasan pelanggan untuk berhenti berbelanja di toko kita, antara lain :

  1. Memiliki pengalaman pelayanan yang buruk

  2. Merasa frustrasi karena informasi yang mereka butuhkan tidak dengan segera dijawab.

  3. Mendapatkan kualitas produk yang buruk.

Efek dari semua itu adalah kekuatan “Word of mouth”. Ya, jika dari salah satu pelanggan tidak puas dengan pelayanan kita dari salah 1 contoh diatas, maka informasi ini bisa dengan cepat menyebar apalagi saat ini ada media sosial yang dengan cepat bisa menyebarkan informasi apapun. Ini adalah contoh efek Sistem ERP berhubungan dengan pelanggan.

Jadi, apakah masih berpikir tidak ada yang peduli jika sistem ERP Anda lama atau baru? Pelanggan memang tidak peduli dengan sistem ERP yang kita gunakan tetapi yang mereka pedulikan adalah mendapatkan apa yang mereka inginkan ketika mereka menginginkannya, dan itu semua tentang efisiensi.

Mulai review kembali Sistem ERP Anda. Teknologi terus berkembang, jangan sampai Sistem ERP yang Anda gunakan 5 tahun lalu masih tetap seperti itu di masa sekarang. Karena Sistem ERP bukan lagi alat bantu, melainkan Alat utama dalam usaha retai, terutama bagi Anda yang ingin terus berkembang.

Baca Juga : TANDA SOFTWARE ERP HARUS DIPERBAHARUI

turboly.com