Keterampilan Ritel Yang Harus Dimiliki Sales Person - Part 1

image

Industri Ritel sangat dinamis. Industri ini juga mengharuskan setiap orang memiliki kreativitas dan keterampilan dalam menjual untuk mendapatkan omset yang tinggi. Semua keterampilan menjual di industri ritel dikembangkan dari sifat-sifat yang dapat dibentuk dan diajarkan di tempat kerja.

Keahlian dan karakteristik yang harus dimiliki seorang Sales Person :

1. Keinginan untuk membantu orang lain

Sifat paling penting dalam seorang sales person adalah minat untuk membantu orang lain. Industri ritel sebagai industri diarahkan untuk membuat kehidupan pelanggan lebih baik melalui satu produk atau lainnya. Seorang sales person yang luar biasa tertarik untuk mencari tahu apa yang diinginkan pelanggan dan bagaimana cara mendapatkannya kepada mereka.

2. Empati

Seorang sales person yang berempati adalah seseorang yang dapat menempatkan diri mereka pada posisi pelanggan dan benar-benar memahami apa yang mereka inginkan. Empati adalah dasar untuk keterampilan mendengarkan aktif yang luar biasa dan lebih dari satu ahli telah mengidentifikasi sifat ini sebagai hal yang akan menyelamatkan ritel batu bata dan mortir.

3. Kesabaran

Kesabaran adalah unsur penting dalam keterampilan menjual. Terkadang seorang sales person menghadapi pelanggan yang dalam mengambil keputusan sangat lambat, atau ketika dihadapkan pada pelanggan yang memiliki kecenderungan melakukan perbandingan antara satu produk ke produk lain sebelum menentukan produk mana yang tepat.

4. Keramahan

Tidak perlu menjadi seorang ekstrovert untuk menjadi seorang sales person yang baik. Namun, seorang sales person harus ramah. Ritel adalah industri yang berorientasi pada layanan perorangan. Sales person harus mampun bersikap baik dan ramah pada setiap pengunjung yang datang ke toko bahkan ketika pengunjung itu tidak membeli apapun. Keramahan memberikan dasar penting untuk semua keterampilan menjual dan layanan pelanggan.

5. Harus menjadi pembelajar cepat

Seorang sales person harus mengetahui berbagai macam produk dan keunggulannya. Maka dari itu, seorang sales person harus mampu mempelajari berbagai macam produk secara detail dan tujuannya adalah membantu memberikan informasi kepada pelanggan atas produk tersebut atau untuk memberikan pelanggan referensi produk yang sesuai dengan kebutuhannya. Sales person wajib memahami cara menggunakan teknologi. Karena begitu banyak pekerjaan ritel saat ini yang memanfaatkan teknologi, misanya Sistem Point of Sale (POS).

Baca juga :MENINGKATKAN CUSTOMER EXPERIENCE DENGAN SISTEM POS

turboly.com