4 Cara Meningkatkan Word of Mouth

image

Dari mulut ke mulut adalah salah satu cara pemasaran untuk mendorong penjualan yang paling efektif dan murah. Word of Mouth adalah faktor utama dalam keputusan pembelian dan dapat memengaruhi pembelian dengan cara yang tidak dapat dilakukan periklanan apapun.

Melihat manfaat dan persentase keberhasilannya. Berikut adalah beberapa kiat untuk meningkatkan Word of Mouth untuk mendorong penjualan :

1. Kualitas produk dan layanan yang luar biasa

Ketika kita memiliki produk dan layanan yang benar-benar luar biasa, banyak pelanggan akan selalu membicarakan dan menrekomendasikannya kepada teman dan koleganya. Jadi, sebelum kita mendorong pelanggan untuk melakukannya, pastikan dulu kita memiliki produk dan pelayanan yang lain daripada kompetitor kita.

2. Ciptakan memory

Terkadang, kita perlu memberi orang sedikit pengingat untuk menyebarkan berita tentang apa yang kita jual. Sebagai contoh mudah adalah dengan media sosial, berikan promo spesial jika mereka berbagi foto dengan hastag khusus saat berada di toko. Ini adalah cara halus untuk meminta mereka membicarakan tentang produk atau tempat kita.

3. Beri insentif kepada untuk refferal

Ada saatnya kita perlu memberi pelanggan motivasi untuk membuat mereka menyebarkan berita tentang produk kita. Sebagai contoh jika pelanggan yang sudah menjadi member di toko berhasil membawa temannya untuk menjadi member baru, maka secara otomatis kita bisa memberikan hadiah atau insentif bagi setiap yang berhasil. Program ini biasa disebut Member get member.

4. Identifikasi dan libatkan pendukung merek

Setiap pelanggan memiliki potensi dari mulut ke mulut yang berbeda-beda. Beberapa pelanggan bisa senang berbagi namun pelanggan lain lebih cenderung untuk tidak aktif atau pendiam. Kuncinya adalah mengidentifikasi orang-orang yang paling mungkin merekomendasikan produk kita kepada teman-teman mereka, dan kemudian menjangkau mereka.

Bagaimana kita membidik orang-orang ini? Nah, ini adalah manfaat dari Sistem Point of Sale (POS), identifikasi siapa pelanggan loyal kita, telusuri data pembelanjaan dan temukan individu yang paling banyak membeli dan jenis atau merk apa yang paling sering mereka beli. Lalu, buatlah promo untuk mendorong dari mulut ke mulut dan referensi.

Baca juga :MENGAJAK COSTUMER UNTUK MEMBERIKAN REVIEW

turboly.com