ERP,Inventory & Product Management

image

Dengan mengimplementasikan Sistem Enterprise resource planning (ERP) kita akan mendapatkan manfaat teknologi yang sepenuhnya bisa melayani setiap fungsi yang dibutuhkan dalam bisnis ritel. Disini, kita akan menyelami jauh ke dalam Sistem ERP dan membaginya menjadi dua bagian inti yaitu : Sistem ERP secara keseluruhan dan Product Management

# 1: Sistem Penjualan

Sistem penjualan adalah salah satu bagian dari Sistem ERP. Sederhananya, tanpa itu, tidak akan ada bisnis. Sistem penjualan bisa Sistem Point of Sale (POS) atau Sistem Penjualan Wholesale (B2B). Keduanya memiliki tujuan yang berbeda namun dengan kemampuan yang sama.

Registrasi pelanggan, penjualan, pembayaran, dan pelacakan pesanan adalah semua fungsi utama Sistem Penjualan. Ada juga elemen product management melalui sistem ERP yang akan menyimpan informasi mendasar seperti pengidentifikasi produk, kategori, tipe, merek, harga, ketersediaan persediaan, dan nama produk.

# 2: Sistem Enterprise resource planning (ERP)

ERP digunakan untuk mengelola berbagai fungsi utama bisnis, seperti manajemen persediaan dan penjualan, pembelian, supplier, gudang dan logistik, akuntansi, CRM, dan beberapa fungsi pemasaran. Ketika mempertimbangkan aspek manajemen produk dan persediaan, Sistem ERP memberikan informasi lebih rinci. Hal-hal seperti ketersediaan persediaan di semua gudang / toko, harga jual, promo, dsb.

# 3: Product & Inventory Management

Product & Inventory Management yang baik akan memusatkan dan menyinkronkan data produk ke semua bagian. Pada Product & Inventory Management perubahan dapat dilakukan secara detail (misalnya: nomor SKU, tipe, merek, tag, gambar dan nama produk). Hal ini akan memastikan operasional harian akan terkoordinasi. Kita akan mendapatkan data produk yang konsisten dan transparan, dimana secara tidak langsung akan mengurangi biaya, mendapatkan efisiensi yang dibutuhkan untuk benar-benar meningkatkan skala bisnis.

Baca juga : 3 KESALAHAN DALAM PENGELOLAAN INVENTORI YANG HARUS DI BAYAR MAHAL

turboly.com